Info Penting

Tutorial Blogger Terlengkap Sistematis dilengkapi Video Tutorial

T utorial blogger di internet sangat banyak pilihannya, anda bisa memilih tutorial mana yang akan anda ikuti dan praktikkan supaya anda bi...

Artikel Terbaru

Cara Menambahkan Ukuran Kertas F4 di Settingan Printer dan Ms Word

4 Agt 2018 - - 3

Ukuran kertas standar yang ada di Indonesia cukup banyak macamnya, mulai dari ukuran kertas A4 (Ukuran kertas A4 = 210 x 297 mm), F4 (Ukuran kertas F4 = 215 x 330 mm), A3 (Ukuran kertas A3 = 420 x 594 mm), tapi ada ukuran kertas yang tidak tersedia di pengaturan kertas komputer, yaitu ukuran kertas F4 (HVS Folio) dengan ukuran 21,5 cm X 33,0 cm.

Mungkin anda akan bertanya, kenapa disettingan pengaturan kertas komputer ada ukuran kertas letter dan legal padahal ukuran itu terutama ukuran legal lebih panjang dari kertas kebanyakan yang ada di Indonesia? ukuran kertas Letter ataupun ukuran kertas Legal merupakan ukuran kertas kantor standar Amerika Serikat, dan di Indonesia ternyata tidak menggunakan ukuran itu.

Ukuran kertas A4 kebetulan sudah ada pilihanya di komputer, sedangkan ukuran F4 belum ada, dan jika kita mau mencetak/ print out menggunakan jenis kertas F4 ini, maka mau tidak mau kita harus mengatur atau menambahkan jenis ukuran kertas ini ke komputer supaya dilain waktu kita tinggal pilih saja seperti halnya saat memilih jenis kertas yang lain yang tersedia di komputer.

Berikut Cara Menambahkan Ukuran Kertas F4 di Komputer 


  1. Buka Control Panel, caranya klik start-ketik Control Panel,
  2. Klik View device and Printers
  3. Pilih printer yang akan disetting, klik kanan dan pilih Printing Preferences
  4. Pilih dan klik tab menu Paper/ Quality, kemudian pada bagian Paper Option, klik tombol Custom,
  5. Pada jendela Custom Paper Size, silahkan anda isi pada kolom Name: F4 (atau dengan nama lain, bebas), sedangkan pada isian size silahkan anda atur dengan Width: 215,0 mm dan Height: 330,0 mm, kemudian klik Close.
  6. Sekarang anda bisa memilih ukuran kertas pada pengaturan printer ini, kemudian anda klik tombol OK.
  7. Anda bisa mengecek dan mencobanya di program aplikasi pengolah kata seperti Ms. Word, anda bisa buka di tab menu Page Layout, dan cek menu Papers seperti ditunjukan pada gambar berikut:


Demikian, Cara Menambahkan Ukuran Kertas F4 di Settingan Printer dan Ms Word, semoga bermanfaat.

Simak Video Tutorial

Untuk memperjelas tutorial di atas, silahkan simak video Cara Menambahkan Ukuran Kertas F4 di Settingan Printer dan Ms Word di bawah ini:

3 komentar

  1. Tips-tips yang sederhana seperti ini, kadang sering dibutuhkan orang.
    anda bisa baca juga artikel saya yang lain tentang trik supaya cetakan bisa dipaksa pada jenis kertas tertentu, contoh kasus dokumen dibuat pada kertas Legal, dan ingin dicetak pada ukuran kertas A4, tidak perlu diedit, cukup gunakan cara sederhana ini.
    Cara Print Out Dokumen Ukuran Kertas Legal Keukuran kertas A4

    BalasHapus

Follow Me


Iklan

Tutorial Blogger

Arsip Blog