Info Penting

Aplikasi Yasin dan Tahlil No 1 di Google dan Playstore

A plikasi Yasin dan Tahlil terbaik nomor 1 di Google dan Playstore kaya akan fitur dan konten yang bermanfaat untuk amalan sehari-hari u...

Info Penting

Artikel Terbaru

Dapodik Versi 2019 Bermasalah, Ternyata Akibat Masalah ini

22 Agu 2018 - - 6

Dapodik versi 2019 resmi rilis bertepatan dengan HUT RI ke 73 kemarin, Pembaruan yang paling menonjol terlihat diantaranya penambahan validasi untuk siswa yang berumur kurang dari 5 tahun 6 bulan, pengaktifan isian tanggal mulai tugas dan TMT tugas pada tabel penugasan untuk GTK noninduk, validasi referensi pada menu validasi lokal, dan beberapa pembaruan lainnya.

Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019 telah menggunakan database yang baru, oleh karenanya Aplikasi Dapodikdasmen versi sebelumnya (2018, 2017b patch 1 dan patch 2) tidak dapat langsung di upgrade ke Dapodikdasmen versi 2019, akan tetapi harus melakukan install ulang dan registrasi ulang. Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019 hanya dirilis dalam bentuk INSTALLER dan tidak ada versi UPDATER.

Penting! Panduan Cara Instalasi Dapodik Versi 2019

Dalam proses intalasi dapodik versi 2019, kadang ada pengaturan-pengaturan yang terlewat, atau tidak diperhatikan, hal ini akan menimbulkan masalah dikemudian hari, karena bisa berakibat pada tidak lancarnya proses sinkronisasi dapodik versi 2019 ini.

Pengaturan Waktu pada Komputer

Langkah selanjutnya melakukan pengaturan waktu pada komputer. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan proses sinkronisasi data berjalan lancar. Selengkapnya silakan ikuti langkah-langkah berikut:

Klik waktu yang terdapat di taskbar (pojok kanan bawah), lalu klik “Date and time settings”.

Tampil menu date and time settings, lalu klik “Change date and time..” dan sesuaikan dengan waktu saat ini.

Selanjutnya, pastikan zona waktu yang dipilih sesuai dengan wilayah setempat. Contoh untuk pengisian zona waktu WIB (Waktu Indonesia Barat) pilih zona waktu (UTC+07:00 Bangkok, Hanoi, Jakarta).

Program Pengamanan dinonaktifkan

Agar proses instalasi aplikasi Dapodik dapat berjalan dengan lancar, beberapa program pengamanan perlu dinonaktifkan, contohnya:
  • Deep Freeze: harus dinonaktifkan.
  • Antivirus yang membuat service database tidak berjalan sebagaimana seharusnya misalnya Avast, Avira, Symantec, Antivir harus dinonaktifkan atau dihapus. Antivirus yang disarankan yaitu Windows 
  • Defender atau Microsoft Essentials. Antivirus ini dapat diunduh di laman resmi Windows dan tidak berbayar.
  • Windows Firewall dinonaktifkan jika ingin menggunakan entri data dengan menggunakan jaringan. Cara menonaktifkannya:
Demikian instalasi Dapodik Versi 2019 semoga bisa anda perhatikan dan berhasil. Semoga bermanfaat.

6 komentar

  1. pak pada versi 2019 ...saat mau sikron diminta update synkron ...setelah diklik timbul :Program Files (x86)\Dapodik\dataweb\synch_dikdas\sinkronisasi.php is corrupted. ...jadi tidak bisa syinkron ..............gamana cara mengatasinya ....trims
    tuk info saya laptop pake window 10

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini saran saja, karena saya bukanlah tim pengembang aplikasi, jadi tidak tau solusi pastinya, kalau terjadi coorupted seperti itu lebih baik uninstall aplikasi, dan pastikan uninstallnya bersih.
      setelah itu, restart PC, baru lakukan instalasi ulang aplikasi dapodiknya dg mendownload versi terbaru atau versi yang disarankan web dapodik pusat.

      Hapus
  2. pak di WS dapodik tidak muncul kolom key sama port, yang ada malah kolom token, jadi tidak bisa terhubung dengan PMP, mohon solusinnya pak

    BalasHapus
  3. penyebab Dapodiknya tidak bisa di scroll, kenapa ya pak?

    BalasHapus
  4. Saya juga sama sudah coba coba terus giliran mau disinkronkan weeee malah gak bisa gmana nasib anak saya ini

    BalasHapus
  5. aku juga mau input data siswa baru gak bisa scrool

    BalasHapus

Follow Me

Foto Mr. Mung
ttd Mr. Mung

Tutorial Blogger

Pilih Arsip Blog