Info Penting

Aplikasi Yasin dan Tahlil No 1 di Google dan Playstore

A plikasi Yasin dan Tahlil terbaik nomor 1 di Google dan Playstore kaya akan fitur dan konten yang bermanfaat untuk amalan sehari-hari u...

Info Penting

Artikel Terbaru

Info Terbaru Informatika akan Menggantikan Prakarya, Benarkah?

8 Agu 2018 - - 1

Mata pelajaran baru yang bernama Informatika sebagai generasi baru dari mata pelajaran TIK yang dihilangkan dari kurikulum 2013 menurut informasi akan segera diresmikan dalam permendikbud khusus tentang mata pelajaran informatika ini, nah bagaimana posisi dalam kurikulum 2013? apakah masuk kelompok mata pelajaran A (Wajib) atau masuk kelompok B (Wajib) atau kelompok pilihan/ muatan lokal?

Jika kita membaca informasi sebelumnya bahwa menurut Kepala Balitbang Kemdikbud Ir. Totok Suprayitno, Ph.D bahwa mata pelajaran TIK akan berganti nama menjadi mata pelajaran “INFORMATIKA”, isi dari Mapel Informatika sebagai wujud mapel TIK masa kini adalah Computational Thinking dengan materi STEM Computer Science / Coding / Computer Programming, dan Informatika ini bukan mapel wajib dan hanya menjadi pilihan bagi sekolah-sekolah yang siap dengan computational thinking. Jadi jawabanya adalah mata pelajaran INFORMATIKA ini akan masuk kelompok Pilihan.

Bagaimana Pelaksanaanya

Pertanyaan berikutnya jika masuk mata pelajaran pilihan, maka jumlah struktur kurikulum 2013 akan bertambah, tentu hal ini akan menimbulkan masalah baru yaitu kekurangan Guru pengampu mata pelajaran, terutama yang memegang mata pelajaran PRAKARYA, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa sampai saat ini mata pelajaran PRAKARYA diampu oleh sebagian guru TIK dan sebagian Guru keterampilan, jadi apakah mata pelajaran INFORMATIKA ini akan dimasukan tersendiri dalam struktur kurikulum atau menggantikan mata pelajaran yang lain seperti mata pelajaran PRAKARYA?

nah... untuk lebih pastinya tentu kita harus tetap bersabar menunggu digedoknya permendikbud yang mengatur masalah ini, jadi... mari tetap berdoa dan tetap menyiapkan diri untuk menyambut datangnya mata pelajaran pengganti TIK dengan konsep baru yang bernama mata pelajaran INFORMATIKA, atau mungkin jika Bapak/ Ibu Guru ada yang mendapatkan informasi lebih lanjut, bisa dituliskan dikolom komentar di bawah ini. Terimakasih.

1 komentar

  1. Bagaimana mungkin ya , karena dalam aplikasi dapodik yang menjadi menu matpel wajib yang ada adalah prakarya sedangkan sistem informatika merupakan jam pelajaran tambahan. kecuali aplikasi dapodik diganti nanti. Tapi sangat kasihan juga karena rakarya merupakan ilmu terapan yang membimbing anak untuk berkarya sayang kalau harus di ganti....

    BalasHapus

Follow Me

Foto Mr. Mung
ttd Mr. Mung

Tutorial Blogger

Pilih Arsip Blog