Info Penting

Aplikasi Yasin dan Tahlil No 1 di Google dan Playstore

A plikasi Yasin dan Tahlil terbaik nomor 1 di Google dan Playstore kaya akan fitur dan konten yang bermanfaat untuk amalan sehari-hari u...

Info Penting

Artikel Terbaru

Tutorial Blogger - Cara Membuat Blog dengan Android

30 Agu 2018 - -

Tutorial Blogger kali ini adalah bagaimana cara membuat blog dengan menggunakan perangkat Android dengan mudah dan cepat karena sebenarnya proses pembuatanya sama saja seperti saat menggunakan komputer, kelemahanya tentu Anda akan berhadapan dengan tampilan layar yang kecil, walaupun bisa Anda akali dengan zoom pada bagian-bagian tertentu.

Persiapan Awal Pembuatan Blog dengan Android

  1. Pastikan Anda memiliki email gmail yang aktif
  2. Koneksi internet, bisa menggunakan paket data atau cari hostspot area
  3. Kemauan Anda untuk belajar ngeblog

Saya anggap Anda sudah mempunyai 3 (tiga) persiapan di atas, jadi akan saya lanjutkan ke proses pembuatan blog menggunakan perangkat android.

Proses Pembuatan Blog dengan Android

  1. Buka aplikasi browser google chrome atau uc browser atau opera mini, silahkan bebas sesuai selera Anda, namun dalam panduan ini saya menggunakan browser google chrome.
  2. Buka situs blogger.com, untuk pertama kali Anda akan dihadapkan dengan 2 (pilihan) profil blogger Anda, yaitu bisa memilih opsi profil dengan mengaktifkan google plus, atau bisa juga anda pilih opsi profil blogger terbatas, disini Anda bebas memilih, pada contoh ini saya akan menggunakan pilihan profil blogger terbatas.
  3. Tuliskan nama panggilan/ nama keren anda yang nantinya akan tampil sebagai informasi penulis blog, kemudian anda tekan tombol orange (Lanjutkan ke Blogger)
  4. Tampilan awal setelah profil blogger berhasil dibuat seperti gambar berikut, dibagian bawah ada tombol orange BUAT BLOG BARU, silahkan Anda tekan.
  5. Tuliskan judul blog anda, contoh disini saya beri judul "Blog Android", kemudian pada kolom alamat silahkan anda tuliskan alamat blog yang Anda inginkan, buatlah alamat blog yang simpel, tidak terlalu panjang dan mudah dihafal, pada contoh panduan ini saya isi dengan alamat: mungandroid.blogspot.com, pada bagian tema silahkan anda pilih sesuai selera anda, Tema/ template blog ini ibaratnya baju yang Anda kenakan, jadi sewaktu-waktu Anda bisa menggantinya dengan model dan desain baju lain, kemudian anda tekan tombol orange Buat Blog.
  6. Jika muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini, Anda bisa tekan tombol Lain Kali atau tekan silang, sebagai tambahan pengetahuan jendela Google Domains ini sebenarnya merupakan tawaran dari google untuk merubah alamat blog anda dengan menggunakan domain premium, istilah lainya adalah blogspot custom domain, tujuan dari blogspot custom domain ini adalah merubah alamat blog yang tadinya namablog.blogspot.com menjadi namablog.com, jadi jika anda belum berminat, anda bisa abaikan.
  7. Langkah selanjutnya tuliskan satu artikel bebas sebagai tulisan perdana Anda di blog yang baru Anda buat ini dengan menekan tombol orange Entri Baru,

    Silahkan Anda isi judul dan isi artikel Anda bebas, kemudian tekan tombol orange Publikasikan untuk menerbitkan artikel perdana Anda. Sebagai contoh hasilnya seperti gambar di bawah:
  8. Untuk melihat hasil pembuatan blog dan menulis artikel dengan android, silahkan Anda tekan teks link Lihat blog.

    Hasilnya adalah seperti gambar berikut:

    Selamat, blog Anda sudah selesai dibuat dan sekarang bisa diakses diseluruh dunia. 😃

Mengganti Tema Blog

Tema/ template blog ini ibaratnya baju yang Anda kenakan, Tutorial Blogger selanjutnya adalah mengganti template blog yang baru kita buat dengan berbagai pilihan template yang sudah tersedia di blogger.com, silahkan Anda ikuti panduan di bawah ini:
  1. Tekan menu Tema, maka akan tampil seperti gambar di bawah ini:
  2. Silahkan anda pilih tema sesuai selera anda, kemudian tekan tombol orange Terapkan ke Blog, cara ini adalah cara instan mengganti tema blog
  3. Tema blog baru Anda sudah berhasil diganti dengan pilihan tema lain sesuai selera Anda:
Demikian Tutorial Blogger - Cara Membuat Blog dengan Android, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Follow Me

Foto Mr. Mung
ttd Mr. Mung

Tutorial Blogger

Pilih Arsip Blog