Info Penting

Tutorial Blogger Terlengkap Sistematis dilengkapi Video Tutorial

T utorial blogger di internet sangat banyak pilihannya, anda bisa memilih tutorial mana yang akan anda ikuti dan praktikkan supaya anda bi...

Artikel Terbaru

Permudah Guru Menulis Buku, Aplikasi Voice to Text Menjadi Jawabanya

30 Sep 2018 - - 2

Belum bisa mengetik cepat menggunakan komputer, saat ini tidak lagi menjadi alasan dan kendala Guru dalam membuat sebuah buku. Kegiatan penulisan Buku, penulisan karya ilmiah untuk Guru sangat banyak sekali diadakan diberbagai daerah, berbagai Organisasi Guru, perusahaan percetakaan yang bekerjasama dengan perorangan, saling berlomba mengadakan berbagai kegiatan dengan tema literasi dan penulisan buku. Namun bagaimana hasilnya? Apakah yang sudah mengikuti kegiatan penulisan buku sudah terbit?

Berbagai alasan muncul, seperti tidak adanya waktu luang dalam mulai menulis buku, tidak pandai mengetik di komputer, belum mendapatkan good mood, dan berbagai alasan lain yang berakibat belum terbitnya buku Guru.

Khusus alasan atau kendala tidak pandai mengetik di komputer, pada artikel ini akan saya jelaskan bagaimana cara mengoperasikan smartphone yang setiap saat ada digenggaman tangan Anda, menjadi sebuah senjata ampuh dan akan sangat membantu tercapainya cita-cita menerbitkan sebuah buku, yaitu memanfaatkan aplikasi Gboard (Google Keyboard) untuk menulis dengan mulut.

Merubah suara menjadi teks (Voice to Text) atau menulis dengan mulut ini akan sangat membantu dan mempercepat proses pengetikan naskah buku Guru. Dengan aplikasi Gboard yang terpasang di smartphone ini, dimanapun dan kapanpun tidak harus didepan laptop, Anda bisa mulai menulis draft buku Anda.

Instalasi Aplikasi

Untuk proses instalasi atau pemasangan aplikasi sama seperti proses instalasi aplikasi android pada umumnya, anda hanya perlu membuka aplikasi PlayStore, kemudian ketikan kata kunci Gboard, tekan tombol pasang/ install aplikasi, dan proses instalasi akan berjalan, silahkan tunggu beberapa saat sampai muncul tombol Buka, menandakan aplikasi sukses terpasang.

Pengaturan Awal

Setelah proses instalasi selesai dilakukan, selanjutnya adalah pengaturan awal aplikasi Gboard supaya bisa digunakan sesuai keinginan kita.

Pada jendela Bahasa dan Masukan, centang pada opsi Gboard,

Akan muncul jendela yang berisi peringatan kepada pengguna: “Metode ini dapat mengumpulkan semua teks yang aAnda masukkan, kecuali kata sandi, termasuk data pribadi dan nomor kartu kredit. Berasal dari aplikasi Gboard. Tetap gunakan?” Silahkan anda pilih OK.

Selanjutnya pada Langkah 1, Anda tekan tombol Aktifkan dalam Setelan,

kemudian pada Langkah 2, tekan tombol Pilih Metode Masukkan,

selanjutnya aplikasi Gboard sudah bisa Anda gunakan.

Pengaturan selanjutnya adalah Anda bisa menambahkan bahasa lain, misal dalam contoh ini saya akan menambahkan Bahasa Arab, Anda tekan tombol Tambahkan Keyboard.

Cara Penggunaan Aplikasi Gboard

Penggunaan aplikasi Gboard untuk mulai membuat draft Buku, sangatlah mudah, anda bisa gunakan aplikasi pengolah kata, Fast notepad atau color notes untuk proses pengetikan naskah bukunya.

Untuk mulai menggunakan fitur voice to text untuk mulai menulis dengan mulut, Anda tekan icon microphone kecil hitam, dan mulailah berbicara dengan bahasa Indonesia, jika hendak merubah ke bahasa Arab, Anda tekan lama pada tombol spasi guna memilih opsi bahasa Arab, hasilnya seperti pada gambar berikut:

Sebagai pelengkap tulisan ini, anda bisa menyimak video panduan yang sudah saya sediakan di chanel youtube Mung Media: http://bit.ly/gboard18

Demikian, semoga bermanfaat.

2 komentar

Follow Me


Iklan

Tutorial Blogger

Arsip Blog