Info Penting

Tutorial Blogger Terlengkap Sistematis dilengkapi Video Tutorial

T utorial blogger di internet sangat banyak pilihannya, anda bisa memilih tutorial mana yang akan anda ikuti dan praktikkan supaya anda bi...

Artikel Terbaru

Hati-hati Penipuan Tagihan Pembayaran Domain

11 Okt 2018 - -

Penipuan semakin merajalela, offline, online sama saja, banyak sekali penipu berkeliaran mencari mangsa. Berawal dari iseng cek email yang masuk di kotak spam, saya lihat ada email dari Domain Service dengan subject mungbisnis.com Final Notice, subject email ini membuat saya penasaran karena domain bisnis saya ini memang sudah mendekati habis masa aktifnya.

Saya baca isi tagihan pembayaran perpanjangan domain ini dan ternyata tagihanya $86,00 untuk 1 tahun, jika di rupiahkan saat ini sekitar Rp. 1.310.124,-, WHAT'S!!! domain bisnis saya ini dimintai perpanjangan 1,3jt pertahun? padahal saya biasanya hanya membayar perpanjangan sekitar $10 saja. Membaca tagihan ini sebenarnya sudah sangat mencurigakan, apalagi jika melihat informasi pengirimnya seperti pada gambar berikut ini:

Pada informasi pengirim email di atas diketahui bahwa email berasal dari domain @aubonick.xyz, dan ini jelas sangat tidak mungkin, dari namanya saja menggunakan email domain pribadi .XYZ yang sedang promo sampai akhir tahun 2018 ini. 😁 Setelah saya cek status masa aktif domain, ternyata sampai dengan tahun 2019 nanti, dan yang pasti, harusnya tagihan itu berasal dari email dengan domain pribadi @mungbisnis.com, lah wong saya sebagai reseller domainya, dan domain mungbisnis.com itu ada di akun reseller domain saya. hehe....

Jadi, penipuan dengan tujuan meminta tagihan pembayaran domain ini dinyatakan gagal total karena salah pilih target. 😁

Kesimpulan dari tulisan ini adalah:


  • Jangan mudah percaya dengan kiriman email yang sudah di tandai mesin email dalam hal ini gmail.com yang sudah memfilter secara otomatis, memasukan email-email mencurigakan kedalam email spam.
  • Jika anda penasaran dengan email tersebut, segera cek informasi pengirimnya, apakah anda mengenal email pengirim tersebut? jika mengenalnya, berarti email tersebut terfilter masuk ke kotak spam karena mungkin mengandung kata/ kalimat atau link-link yang mencurigakan mesin email.  Namun jika anda tidak mengenalnya, abaikan atau hapus segera email tersebut.
  • Hati-hati... "Ingat, kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat dari pelakunya. Tapi juga karena ada kesempatan. Waspadalah! Waspadalah! Waspadalah!"
Demikian, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Follow Me


Iklan

Tutorial Blogger

Arsip Blog