Info Penting

Aplikasi Yasin dan Tahlil No 1 di Google dan Playstore

A plikasi Yasin dan Tahlil terbaik nomor 1 di Google dan Playstore kaya akan fitur dan konten yang bermanfaat untuk amalan sehari-hari u...

Info Penting

Artikel Terbaru

Tutorial Pengelolaan Website Sekolah dengan CMS Formulasi

3 Okt 2018 - - 1

Salah satu CMS yang dikhususkan untuk membangun website sekolah yang cukup legendaris adalah CMS Formulasi, sudah lama sekali CMS ini tidak pernah update kembali, mungkin karena developernya sudah pensiun, atau sedang sibuk dengan yang lainnya.

Jika anda pengguna CMS Formulasi ini dan masih belum begitu paham cara mengelola website sekolahnya, silahkan anda ikuti tutorial pada artikel ini:

A. Login / Logout Area Admin

Untuk login ke halaman admin, silahkan anda tuliskan di address bar browser anda  http://www.websekolahanda.sch.id/adminpanel maka akan tampil jendela seperti gambar berikut:



Silahkan Anda masukan username, password dan kode keamanan yang tampil pada kolom yang tersedia, kemudian klik tombol Login, maka akan tampil ADMIN PANEL website sekolah anda.

Daftar menu admin panel CMS Formulasi versi 2.07 dikelompokkan menjadi 5 kelompok, yaitu Beranda, Profil Sekolah, Modul Aplikasi, Plugin Premium, dan Setting. Masing-masing Menu berisi submenu yang berbeda- beda.
  1. Menu Beranda Menu Beranda Admin Panel CMS Formulasi hanya berisi submenu “Halaman Utama” dan Logout. 
  2. Menu Profil Sekolah
    Menu Profil Sekolah yang terdapat pada Admin Panel CMS Formulasi memuat submenu Informasi, Lokasi, Profil, Agenda dan Pengumuman. 
  3. Menu Modul Aplikasi Menu Modul Aplikasi yang terdapat pada Admin Panel CMS Formulasi memuat submenu Album Galeri, Berita, Buku Tamu, Guru dan Staff, Siswa, PSB Online, dan Pembelajaran. Menu Modul Aplikasi ini akan bertambah jika diinstall modul baru ke dalam CMS Formulasi.
  4. Menu Plugin Premium
    Menu Plugin Premium yang terdapat pada Admin Panel CMS Formulasi memuat daftar plugin premium CMS Formulasi. 
  5. Menu Setting
    Menu setting yang terdapat pada Admin Panel CMS Formulasi memuat beberapa submenu. Submenu tersebut adalah Managemen Admin, Pengaturan, Tema/Tampilan, Blok, Menu, Plugin, Modul, Yahoo Messenger, Survey, Direktori Link, Statistik, dan Backup/Restore. 

B. Cara Posting dan Edit Profil Sekolah

Salah satu menu admin panel cms formulasi adalah Profil Sekolah. Secara umum, menu ini berfungsi untuk membuat profil sekolah atau madrasah.


Berikut ini adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan dengan menu Profil Sekolah:

  1. Informasi Sekolah, meliputi : nama sekolah, tahun berdiri, jenjang, nss, npsn, telp, email, nama kepala sekolah, NIP/NIY kepala sekolah, alamat sekolah, dan ganti logo 
  2. Lokasi Sekolah, melalui fitur ini Anda dapat meletakkan lokasi sekolah berdasarkan GMap dengan cara embed script yang diberikan oleh gmap 
  3. Profil, di dalamnya mencakup sambutan kepala sekolah, sejarah, visi misi, sarana prasarana, struktur organisasi, prestasi, ektra kurikuler dan osis 
  4. Agenda, berfungsi untuk meinginformasikan agenda kegiatan sekolah/madrasah 
  5. Pengumuman, berfungsi untuk menyampaikan pengumuman kepada peserta didik atau orang tua/wali maupun masyarakat secara luas. 

Berikut contoh Edit Informasi Sekolah:

Klik Profil Sekolah - Informasi : silahkan anda isi informasi sekolah anda, setelah selesai jangan lupa klik tombol Update. 

Edit Profil Sekolah: Klik menu Profil, pada jendela profil anda bisa langsung mengedit (klik tombol edit) masing-masing informasi profil yang tersedia seperti sambutan kepala sekolah, sejarah dll. 



Contoh klik edit pada Sambutan Kepala Sekolah
Perhatikan gambar dibawah ini, di menu ini anda bisa mengedit, dan menambahkan tulisan tentang sambutan kepala sekolah, jangan lupa klik Update jika sudah selesai mengedit dan menambahkan  teksnya.

Untuk menambahkan gambar kedalam area posting caranya klik ikon Image seperti pada gambar  berikut:

Maka akan tampil seperti gambar berikut, anda pilih menu Upload-Browse dan klik tombol Send it to  the server untuk mengunggah file gambar dari komputer ke server website sekolah. 


Selanjutnya anda klik menu Image Info, di jendela ini anda atur lebar gambar, spasi gambar dengan teks, letak gambar, kanan/ kiri, terakhir klik tombol OK.

Cara diatas bisa anda praktikan untuk memposting berita/ artikel di website sekolah.

Cara Membuat Gallery Foto

  1. Klik menu Modul Aplikasi 
  2. Menu Album Galeri perhatkan gambar berikut:


    Pada gambar jendela Album Galeri diatas anda bisa menambahkan gambar-gambar sesuai kebutuhan dengan sebelumnya anda membuat Nama Album (Misal Kegiatan Siswa), kemudian pada galeri foto anda tambahkan foto-foto pada album Kegiatan Siswa, demikian seterusnya. 

Jasa Pembuatan Website Sekolah
Demo website sekolah yang menggunakan CMS Formulasi bisa anda akses di alamat http://web.smpn1klw.sch.id , Bagi sekolah yang berminat untuk membuat website sekolah dengan menggunakan CMS Formulasi ini, silahkan download proposal penawaran Mung Bisnis disini.

Selamat Mengelola Website Sekolah.

1 komentar

Follow Me

Foto Mr. Mung
ttd Mr. Mung

Tutorial Blogger

Pilih Arsip Blog