Info Penting

Tugas Blogging 3 Kelas IX Semester 1 Tahun 2018

K egiatan pembelajaran dengan materi Blogging fokus utamanya adalah bagaimana siswa diharapkan bisa menulis dengan baik di blog yang suda...

Artikel Terbaru

Indahnya Wisata Alam Telaga Menjer di Desa Maron, Garung, Wonosobo

6 Nov 2018 - -


Telaga Menjer sebuah obyek wisata tersembunyi yang masih jarang diketahui para wisatawan, obyek wisata alam yang indah ini terletak di desa Maron, kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Berdasarkan informasi yang saya kutip dari wikipedia, bahwa Telaga Menjer merupakan telaga yang terbentuk akibat dari letusan vulkanik di kaki Gunung Pakuwaja. Zaman dulu kala air di telaga ini hanyalah dari beberapa mata air kecil di sekitar telaga  dan juga mengandalkan curah hujan yang cukup tinggi didaerah ini. Pada zaman penjajahan Belanda dengan akan dibangunnya PLTA Garung di bawah telaga tersebut,Pada zaman penjajahan Belanda dengan akan dibangunnya PLTA Garung di bawah telaga tersebut, maka dibendunglah sebagian sungai Serayu yang berada di sebelah utara desa Jengkol. Kemudian dialirkan melalui terowongan bawah tanah sepanjang ± 7 km di bawah perkebunan teh PT Tambi yang berada di sebagian wilayah Desa Kreo dan Tlogo. Untuk mengalirkan air dari telaga ini menuju PLTA, dibendunglah sebagian kecil dari telaga dan di bawahnya dipasang pipa dengan diameter mencapai ± 3m menuju ke PLTA yang berjarak sekitar 2 km.

Rata-rata wisatawan yang datang ke daerah Wonosobo obyek wisata utamanya adalah berkunjung ke Dieng, padahal sebelum ke puncak Dieng, Anda akan melewati obyek wisata alam ini.

Lokasi Telaga Menjer Wonosobo

Lokasi Obyek wisata alam Telaga menjer ada di Desa Maron, Kecamatan garung yang berjarak sekitar 8 km dari pusat kota wonosbo. Rute yang bisa anda lalui sama dengan rute menuju ke dieng, yaitu  dari alun-alun wonosbo anda berjalan menuju ke arah utara mengikuti arah jalan dieng. Sesampai di pasar garung yang berjarak kurang lebih 7 km dari alun-alun wonosbo, anda akan melihat pertigaan pasar disebelah kiri jalan yang ada gapura yang bertuliskan PLTA Garung. Silahkan Anda masuk pertigaan tersebut dan ikuti jalan hingga terlihat telaga menjer yang berada di kiri jalan.

Berapa Tiket Masuk Telaga Menjer?

Tiket masuk ke lokasi telaga menjer: Rp. 3.000,- /per orang.

Apa saja yang bisa dinikmati di Telaga Menjer?

Anda bisa menikmati indahnya alam yang sejuk dengan udara bersih yang belum tercemar lingkungan, udara segar khas pegunungan sambil melihat hamparan air telaga menjer yang jernih. Selain itu anda juga dapat menyusuri telaga menjer dengan menaiki prahu yang di sewakan oleh warga sekitar. Prahu sederhana terbuat dari tumpukan bambu, namun tidak perlu khawatir, anda akan merasa nyaman saat naik di atasnya. Biaya sewa perahu ini sekitar Rp. 15.000,- / orang, mungkin bisa kurang tergantung anda dan rombongan saat bernegosiasi dengan pemilik prahu.


Tidak Hanya itu, bagi anda yang hobi memancing bisa mencoba keberuntungan memancing dengan duduk-duduk santai sambil menikmati alam yang indah dan penuh kedamaian, jika anda beruntung maka akan mendapatkan ikan yang berukuran cukup besar.

Selamat berwisata....

Tidak ada komentar:

Follow Me


Iklan

Tutorial Blogger

Arsip Blog