Info Penting

Tugas Blogging 2 Kelas IX Tahun 2019

S alah satu materi BTIK kelas IX mulai semester 1 tahun 2019 ini sengaja saya kenalkan tentang dunia blog, diawal perkenalan ini bukan dal...

Artikel Terbaru

Ternyata ini yang membuat Aplikasi "Wajah Tua" FaceApp" Jadi Berbahaya

23 Jul 2019 - - 2

Merubah wajah menjadi tua dan merubah wajah dengan berbagai aksesoris seperti kumis, jenggot, bahkan memermak wajah menjadi lebih cantik dan gagah dengan berbagai pilihan rias wajah yang tampak sangat profesional sekarang bisa dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi FaceApp. Aplikasi yang akhir-akhir ini cukup viral, padahal informasinya aplikasi buatan Rusia Wireless Lab ini diluncurkan pada tahun 2017, berarti sudah cukup lama aplikasi ini dibuat dan tersedia di google playstore.

Aplikasi FaceApp ini mampu mengakses foto, informasi lokasi, penggunaan data serta history browsing, tentu saja setelah pengguna aplikasi memberikan izin saat proses instalasi selesai.
Aplikasi ini menggunakan teknologi AI (Artificial Intelligence) untuk mengubah foto pengguna, jadi jangan heran kalau anda akan melihat hasil yang cukup mengagumkan, sangat meyakinkan dan tampak profesional.

Saya cukup penasaran dan kagum dengan kecanggihan aplikasi ini, setelah mencoba versi gratis yang tersedia di google playstore, saya langsung upgrade ke versi Pro, biaya berlangganan untuk satu bulan kisaran 55rb-an. Kelebihanya apa untuk faceApp versi pro ini? yang jelas anda akan menikmati aplikasi tanpa iklan, tanpa watermark, dan bisa memanfaatkan fitur-fitur premium yang canggih.


Dengan viralnya aplikasi FaceApp akhir-akhir ini, tiba-tiba banyak sekali bermunculan berita bahayanya menggunakan aplikasi FaceApp, banyak pengguna awam yang tiba-tiba menjadi seorang ahli yang mengatakan aplikasi ini berbahaya karena bisa mengakses foto, mengambil data pribadi, bahkan sampai-sampai memunculkan dalil-dalil tentang larangan merubah penciptaan Yang Maha Kuasa.

Padahal pengguna yang mengatakan berbahaya ini sudah sejak lama data pribadi, foto pribadi beredar di sosmed seperti facebook, instagram, twitter, dll, karena memang mereka pengguna aplikasi sosmed tersebut. Mungkin jika anda seorang yang terkenal, atau foto wajah anda sangat MAHAL kalau dijual, dan data pribadi anda seperti nama, tanggal lahir, alamat sangat-sangat rahasia, anda perlu khawatir dan saya sarankan jangan menggunakan aplikasi apapun yang bisa mengakses foto anda, seperti aplikasi kamera, gallery foto, aplikasi facebook, instagram, dll, karena secara tidak langsung saat anda menginstall aplikasi dan memberi izin pada aplikasi untuk mengakses foto, dan data diri, maka sejak saat itu pula data diri anda termasuk foto anda tidak lagi menjadi barang rahasia dan barang mahal lagi.

Nah, sebenarnya apa sih bahayanya aplikasi FaceApp #AgeChallenge ini?

Berikut akan saya jelaskan bahayanya menggunakan aplikasi FaceApp yang lagi viral ini:
  1. Munculnya penipuan dengan senjata memalsukan wajah,
    Bahaya yang pertama ini mungkin akan sering anda jumpai di jagat maya, contohnya adalah Profil sosmed akan berisi foto-foto yang tampak keren, wajah mulus, bening, atau mungkin tampak gagah dan berkelas, padahal aslinya "njemburis" 😂.
  2. Membuat teman dan keluarga anda marah,
    Kalau bahaya FaceApp yang ini biasanya kasusnya begini, anda mengajak selfie teman anda, atau anda mengambil foto keluarga anda, kemudian salah satu dari teman atau keluarga anda dirubah wajahnya jadi tua terlebih dulu sebelum foto anda upload atau share ke group. Jika hati teman atau keluarga anda sedang tidak enak, banyak masalah, banyak hutang, biasanya akan marah dan ngamuk-ngamuk ke anda. 😁
  3. Menutupi Perselingkuhan,
    Contohnya begini, ada cowok yang sedang selingkuh, kemudian sang cewek menanyakan cowoknya sedang dimana, nah sang cowok menjawab sedang dirumah nenek, sang cewekpun tidak percaya kemudian minta dikirimi foto selfie dengan neneknya,  nah saat itu pula FaceApp beraksi, si cewek yang ada disampingnyapun dirubah wajahnya menjadi tua. 😁
    Hmm.... kalau ini sepertinya cukup sulit juga si, dan masih akan ketahuan, karena yang berubah hanya wajahnya saja menjadi tua, bodynya masih keliatan aduhai, jadi saya yakin bahaya faceApp yang ketiga ini tidak begitu marak terjadi.
Mungkin sementara 3 bahaya dulu yang saya tulis disini, jika menemukan bahaya yang lain, akan segera saya update, atau mungkin jika anda menemukan bahaya penggunaan FaceApp ini, bisa anda tuliskan di kolom komentar.

Semoga Bermanfaat.

2 komentar

Follow Me


Iklan

Tutorial Blogger

Arsip Blog