Info Penting

Aplikasi Yasin dan Tahlil No 1 di Google dan Playstore

A plikasi Yasin dan Tahlil terbaik nomor 1 di Google dan Playstore kaya akan fitur dan konten yang bermanfaat untuk amalan sehari-hari u...

Info Penting

Artikel Terbaru

Lebih Canggih! inilah 10 Fitur Telegram yang belum dimiliki WhatsApp

17 Jan 2021 - - 7

Beberapa minggu yang lalu Aplikasi WhatsApp mengeluarkan kebijakan yang cenderung merugikan pengguna, yaitu ketentuan dan kebijakan privasi terbaru untuk pengguna. Salah satu hal penting dari kebijakan baru ini adalah WhatsApp membagikan data pengguna dengan Facebook. Data yang dibagikan tersebut meliputi Phone Number, Email Address, Contacts, Coarse Location, Device ID, User ID, Advertising Data, Purchase History, Product Interaction, Payment Info, Crash Data, Performance Data, Other Diagnostic Data, Customer Support, Product Interaction, Other User, Content, Metadata.


Kebijakan tersebut tentu akan menimbulkan pro dan kontra, efek buruknya WhatsApp jadi ditinggalkan penggunanya, banyak yang beralih ke aplikasi alternatif lain seperti telegram dan signal.

Berkah buat aplikasi telegram karena berdasarkan informasi yang dipublikasikan pihak telegram, aplikasi chatting telegram kebanjiran pengguna baru, dalam 72 jam terakhir ada 25 juta pengguna baru, wow... mantabb bukan? dan sekarang memiliki 500 juta pengguna aktif.

Telegram surpassed 500 million active users. In the past 72 hours alone, more than 25 million new users from around the world joined Telegram.

Secara teknis sebenarnya antara WhatsApp dan Telegram memiliki kesamaan, yaitu sama-sama sebagai aplikasi chatting. Namun, dari segi fitur kedua aplikasi ini memiliki beberapa perbedaan. Pada artikel kali ini saya akan sajikan 10 Fitur Telegram yang belum dimiliki WhatsApp.

1. Multiple Account/ Banyak Akun dalam satu Aplikasi


Fitur canggih dan keren yang pertama ini adalah mengelola banyak akun dalam satu aplikasi (saat ini maksimal 3 nomor berbeda dalam satu aplikasi), anda bisa melihat contoh pada tampilan layar di atas, aplikasi telegram yang saya install di laptop ini saya tambahkan satu akun baru dengan nomor berbeda, dan saya beri nama berbeda pula, pemberitahuan pesan akan terus masuk, dan anda bisa dengan mudah beralih dari satu akun ke akun lainnya, tentu saja fitur ini gak bakalan ada di WhatsApp.

2. Multiple Device/ Aktif di banyak perangkat

Nah, fitur keren yang kedua ini jelas tidak akan anda temui di WhatsApp, kecuali suatu saat nanti WhatsApp merubah sistemnya, fitur yang termasuk saya sukai ini adalah dapat masuk ke Telegram dari sebanyak mungkin perangkat yang Anda suka pada saat yang bersamaan. Cukup gunakan nomor ponsel utama Anda untuk masuk ke mana pun, dan kerennya adalah ponsel utama anda tidak harus aktif dan terkoneksi internet setiap saat. Hal ini tentu berbeda jika anda menggunakan WhatsApp di banyak perangkat yang mewajibkan ponsel utama tetap terkoneksi internet.

3. Telegram Bot


Telegram bot adalah sebuah bot atau robot yang diprogram dengan berbagai perintah untuk menjalankan serangkaian instruksi yang diberikan oleh pengguna. Telegram bot ini bisa dibuat oleh pengguna individu, perusahaan atau bahkan pihak telegram sendiri, dengan berbagai fungsi dan tujuan. Contoh telegram bot yang dibuat oleh Mung Media, botnya diberi nama @mungbot, bot ini bisa menyambut member baru di group telegram, merespon kata kunci tertentu baik dengan teks maupun dengan gambar,  dll, Ada juga telegram bot yang dibuat untuk memberikan informasi cuaca, bot untuk pembelajaran, dan masih banyak lagi lainnya, anda cukup cari saja di pencarian telegram telegram bot sesuai dengan keinginan anda.

4. Group Super Jumbo


Anda tidak perlu khawatir saat membuat group di telegram, karena telegram mendukung sampai dengan 200.000 anggota group, tidak seperti group di WhatsApp yang hanya menampung maksimal 257 orang saja.Wow..!! mantapp bukan?

5. Secret Chat/ Obrolan Rahasia

Telegram mempunyai fitur unggulan bernama Secret Chat. Ruang obrolan di Secret Chat sebenarnya sama saja dengan ruang obrolan biasa, bedanya adalah Secret Chat memiliki sistem keamanan berlapis yang meminimalisir ruang obrolan disusupi, dan juga Secret Chat ini tidak tersimpan di servernya telegram, dan akan terhapus otomatis sesuai pengaturan yang ditentukan pengguna.


6. Server proxy

Masih berkaitan dengan fitur ke-2 di atas, kepedulian Telegram terhadap privasi pengguna tidak berhenti di fitur obrolan rahasia saja. Lebih lanjut, Telegram juga menawarkan opsi bagi pengguna untuk mengatur server proxy yang dapat menyembunyikan lokasi pengguna layaknya VPN. Untuk mengaturnya, pengguna hanya perlu pergi ke Settings > Data Storage > Proxy Settings, lalu memasukkan detail yang dibutuhkan.


7. Chat Folder 


Salah satu fitur aplikasi Telegram yang tidak dimiliki oleh aplikasi jenis lain adalah anda bisa membuat pengelompokan chat dengan fitur folder. Selayaknya penyimpanan di komputer, anda bisa mengelompokkan grup dan akun ke dalam folder tertentu. Dengan adanya fitur ini, bagi anda pengguna telegram yang memiliki banyak group dan teman, bisa dengan mudah membuat folder dengan kategori sesuai dengan kebutuhan. Misalnya anda ingin memisahkan antara teman sekolah, teman seprofesi, kumpulan group hoby, dll. Setelah berhasil membuat folder, Telegram akan membuat sebuah tab baru yang bisa anda pilih dengan mudah.

8. Slow Mode


Slow Mode memungkinkan admin group untuk mencegah adanya pesan spam di dalam grup. Dengan Slow Mode, admin grup dapat mensetting waktu tunggu dari setiap pengiriman pesan oleh anggota group.

9. Schedule Messages dan Chat Senyap


Fitur Telegram yang ke sembilan ini adalah Schedule Messages dan Send Without Sound. Dengan Schedule Messages, pengguna dapat menjadwalkan pesan yang ingin dikirim, berdasarkan tanggal dan waktu. Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna hanya perlu mengetik pesan yang hendak dikirim, kemudian, tekan agak lama ikon kirim pesan hingga pilihan Schedule Messages atau Send Without Sound tampil. Jika menggunakan Schedule Messages, pilih jam dan tanggal untuk pesan ini dikirim. Sedangkan Send Without Sound akan langsung mengirim pesan tanpa suara notifikasi di penerima.


10. Kirim Dokumen Tanpa Kompresi

Dengan fitur ini pengguna bisa mengirim beragam jenis dokumen dengan ukuran asli atau tanpa kompresi. Baik dalam bentuk foto, video, dokumen, rekaman suara dan file lainnya, semua bisa dikirim dengan kualitas terbaik. Batasan maksimal ukuran file yang bisa dikirim di telegram adalah 2GB. Wow ini benar-benar mantapp!.


Nah, keren dan canggih kan fitur-fiturnya? selamat menggunakan aplikasi telegram yang keren dan canggih ini, Semoga bermanfaat.

7 komentar

Follow Me

Foto Mr. Mung
ttd Mr. Mung

Tutorial Blogger

Pilih Arsip Blog