Info Penting

Aplikasi Yasin dan Tahlil No 1 di Google dan Playstore

A plikasi Yasin dan Tahlil terbaik nomor 1 di Google dan Playstore kaya akan fitur dan konten yang bermanfaat untuk amalan sehari-hari u...

Info Penting

Artikel Terbaru

WhatsApp, Telegram, atau Signal? Saya pilih yang ini Saja

15 Jan 2021 - - 11

Memilih aplikasi perpesanan dengan tanpa memperhatikan keamanan, fitur-fitur keren yang mumpuni, dan hanya memperhatikan teman, saudara, atau aplikasi yang paling banyak digunakan di sekitarnya, tentu saja tergantung pada diri anda dan komunitas yang ada di sekitar anda. Yesss inilah yang sering terjadi di masyarakat.

Kebanyakan masyarakat tidak memperdulikan akan masalah-masalah yang sering digegerkan para pengguna yang khawatir data dirinya disalah gunakan perusahaan aplikasi, masyarakat cenderung berfikir praktis, silahkan ambil, saya bukan orang terkenal, saya bukan orang bla bla bla.... dst, selama tidak merugikan finasial secara langsung, ya silahkan saja, kecuali.... tiba-tiba setelah install aplikasi misal whatsApp, pulsa langsung hilang, tagihan pulsa pasca bayar membengkak, atau tiba-tiba tiap hari ada potongan pulsa, nah... ini baru aplikasinya perlu diuninstall saja, dan ganti yang lain.

Beberapa hari yang lalu ada pembaruan kebijakan privasi WhatsApp, dan ternyata memunculkan reaksi masyarakat yang tidak senang dengan kebijakan tersebut, mereka rame mencari aplikasi alternatif, seperti beralih ke Telegram atau Signal.


Sebagaimana kita tahu bahwa Whatsapp saat ini adalah layanan perpesanan terbesar di dunia dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif bulanan. Diikuti Telegram dengan 400 juta pengguna, serta Signal yang rata-rata memiliki 10 juta-20 juta pengguna aktif bulanan.

Nah, bagaimana seharusnya? dan aplikasi apa yang harus dipilih?

Sebelum menjawab masalah ini, coba anda lihat tabel di bawah ini:


Dengan melihat tabel perbandingan antara WhatsApp, Telegram dan Signal di atas, maka sekali lagi kembali sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda sebagai pengguna aplikasi nantinya, jika anda membutuhkan keamanan tinggi, maka aplikasi Signal Messenger pilihan yang pas. Jika anda hanya membutuhkan komunikasi yang hampir semua orang memiliki, cocok untuk obrolan tiap hari, apalagi didukung dengan berbagai stiker seperti Stiker Islami, atau Stiker Viral Lucu yang bisa didownload gratis di playstore, pilihanya tentu saja WhatsApp.

Namun bagi anda yang membutuhkan aplikasi perpesanan yang bisa digunakan di beberapa perangkat sekaligus, bisa lewat hp, tablet, laptop, walaupun hp utama yang berisi aplikasi sedang mati atau tidak terkoneksi internet, bisa juga mendukung pengiriman gambar yang utuh (tidak dikompres), file bisa beraneka ragam dalam jumlah yang cukup besar sampai 1,5GB, grup sampai dengan 200.000 anggota, memiliki fitur khusus grup seperti bot (disini anda bisa mengenal @mungbot yang keren), polling, kuis, hashtag, dan banyak lagi yang dapat membuat pengalaman di grup jauh lebih menyenangkan, maka jawabannya adalah aplikasi telegram.

Saya pribadi selama ini menggunakan WhatsApp (baik yang biasa maupun yang bisnis) dan aplikasi telegram untuk mendukung berbagai kegiatan yang saya kelola selama ini, seperti melatih Guru-guru Indonesia dalam program Satu Guru Satu Blog sebagai salah satu kanal Ikatan Guru Indonesia.

Sudah terjawabkan sekarang? selanjutnya terserah anda. Selamat memilih.

11 komentar

  1. Sangat bermanfaat walaupun saya masih belum update tentang berita WhatsApp sih hhhhh

    BalasHapus
  2. Makasih infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  3. Sebaik ny harus pakai aplikasi apa?

    BalasHapus
  4. Masuk nalar juga, tergantung kebutuhan kita masing², saya pribadi sudah pake WA dan Tele lama sebelun ada berita yg macam² tentang WA, kalau Signal saya malah belum cari tahu informasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama, sy juga begitu. blm pernah pakai signal.

      Hapus
  5. ya harus cermat pilih yg mana,yg penting jangan ada mudharatnya buat kita.

    BalasHapus
  6. Yg terbaik dan bermanfaat saja, selagi tdk merugikan orang lain...
    Baik pakai WA, telegram, signal dll
    Tergantung pd pemakainx mana menurut orng tersebut baik. 👍

    BalasHapus
  7. Pakai wa dan tele kalau signal belum ada yang pakai mau chat siapa?!!!

    BalasHapus
  8. Iaaa sepakat sesuai kebutuhan, keamanan & kenyamanan..tp sy dpt info aplikasi BIP produk TURKI..

    BalasHapus

Follow Me

Foto Mr. Mung
ttd Mr. Mung

Tutorial Blogger

Pilih Arsip Blog