Info Penting

Tutorial Blogger Terlengkap Sistematis dilengkapi Video Tutorial

T utorial blogger di internet sangat banyak pilihannya, anda bisa memilih tutorial mana yang akan anda ikuti dan praktikkan supaya anda bi...

Artikel Terbaru

Niat, Tata Cara dan Update Aplikasi Khutbah Materi Khutbah Gerhana Bulan

26 Mei 2021 - - 4

Gerhana Bulan adalah bukti kebesaran Allah. Gerhana bukan sebagaimana diyakini sebagain masyarakat dulu, bahwa itu peristiwa ditelannya bulan, atau penanda bencana bagi petani, peternak, dan lainnya. Keyakinan seperti itu tidak benar. Gerhana adalah salah satu bukti akan Kemahakuasaan Allah Swt.

InsyaAllah fenomena gerhana bulan total atau Super Blood Moon akan bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia pada Rabu, 26 Mei 2021.  Puncak gerhana akan terjadi pada pukul 18.18 WIB, 19.18 WITA dan 20.18 WIT.

Umat islam disunnahkan untuk melaksanakan shalat gerhana bulan (khusuf), bagaimana tata caranya? berikut saya kutip dari situs nu.or.id tentang niat dan tata cara melaksanakan sholat gerhana bulan (khusuf):
  1. Niat di dalam hati ketika takbiratul ihram. 
    Contoh niat dalam bahasa arab: 
    Ushallî sunnatal khusûf rak‘ataini imâman/makmûman lillâhi ta‘âlâ
    Artinya: “Saya shalat sunah gerhana bulan dua rakaat sebagai imam/makmum karena Allah SWT.”
  2. Mengucap takbir ketika takbiratul ihram sambil niat di dalam hati. 
  3. Baca taawudz dan Surat Al-Fatihah. Setelah itu baca Surat Al-Baqarah atau selama surat itu dibaca dengan jahar (lantang). 
  4. Rukuk dengan membaca tasbih selama membaca 100 ayat Surat Al-Baqarah. 
  5. Itidal, bukan baca doa i’tidal, tetapi baca Surat Al-Fatihah. Setelah itu baca Surat Ali Imran atau selama surat itu. 
  6. Rukuk dengan membaca tasbih selama membaca 80 ayat Surat Al-Baqarah. 
  7. Itidal. Baca doa i’tidal. 
  8. Sujud dengan membaca tasbih selama rukuk pertama. 
  9. Duduk di antara dua sujud 
  10. Sujud kedua dengan membaca tasbih selama rukuk kedua. 
  11. Duduk istirahat atau duduk sejenak sebelum bangkit untuk mengerjakan rakaat kedua. 
  12. Bangkit dari duduk, lalu mengerjakan rakaat kedua dengan gerakan yang sama dengan rakaat pertama. Hanya saja bedanya, pada rakaat kedua pada diri pertama dianjurkan membaca surat An-Nisa. Sedangkan pada diri kedua dianjurkan membaca Surat Al-Maidah. 
  13. Salam. 
  14. Imam atau orang yang diberi wewenang menyampaikan dua khutbah shalat gerhana dengan taushiyah agar jamaah beristighfar, semakin takwa kepada Allah, tobat, sedekah, memerdekakan budak (pembelaan terhadap kelompok masyarakat marjinal), dan lain sebagainya.

Pada pelaksanaan sholat sunnah khusuf ini bacaan surat setelah Al-Fatihah utamanya seperti yang tertulis di atas, namun bagi yang tidak hafal surat-surat panjang seperti surat Al-Baqoroh, bisa menggunakan surat-surat yang lebih pendek yang sudah dihafal.

Untuk materi khutbah gerhana bulan bisa dilihat di menu materi kultum/ ceramah di aplikasi khutbah jumat:



Download/ update aplikasi langsung di playstore [Download/ Update]

4 komentar

  1. Alhamdulillah khutbah gerhana memptifasi kami mengadakan sholt gerhana bulan krn sejak dl kami bingung materi apa yg layak untuk khutbah gerhana. Terima kasih ya ustadz





    BalasHapus
  2. Syukran ustad...jazakullah

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah, jadi tahu lebih detail lagi tata cara solat gerhana,biasanya cuma bisa mengikuti imam saja, dikarrnakan solat gerhana hanya dalam waktu tertentu saja.(apabila terjadi gerhana)

    BalasHapus
  4. Jazakimullohu ahsanal jaza

    BalasHapus

Follow Me


Iklan

Tutorial Blogger

Arsip Blog