Info Penting

Laporan Pembuatan Blog Siswa SMPN 1 Kaliwungu Tahun Ajaran 2022/2023

S alah satu materi BTIK kelas IX mulai semester 1 tahun 2022 ini sengaja saya kenalkan tentang dunia blog, diawal perkenalan ini bukan dalam...

Artikel Terbaru

Cara Membuat dan Mengelola Grup di Telegram Lengkap

15 Jul 2022 - -

Membuat dan Mengelola Grup di Aplikasi Telegram sebenarnya cukup mudah, karena memang sudah tersedia menu dan petunjuknya dengan jelas di aplikasi. Biar lebih jelas, pada postingan ini akan saya bahas mulai bagaimana membuat grup telegram, kemudian menambah bot pendukung grup telegram, menambah admin baru pada grup yang kita buat, mengatur grup telegram untuk anggota grup, terakhir akan saya jelaskan bagaimana melakukan video call dalam grup yang bisa menampung 1000 orang sekali panggilan, dan yang jelas gratis.


Sebelum mempraktikan pembuatan dan pengelolaan grup telegram, usahakan akun anda sudah disetting username telegramnya nya, caranya adalah sebagai berikut:
  1. Buka aplikasi telegram anda
  2. Klik garis tidak di pojok kiri atas - kemudian klik Setting
  3. Klik Edit profil - Username - isi username anda, kemudian klik Save


A. Membuat Grup Telegram

Untuk membuat grup di telegram caranya adalah sebagai berikut:
  1. Buka aplikasi telegram anda
  2. Klik garis tiga di pojok kiri atas - dan klik New grup

  3. Tuliskan nama grup yang anda inginkan, disini anda bisa juga langsung menambahkan foto profil grup anda, atau bisa juga dirubah dilain waktu - selanjutnya klik Next
     
  4. Silahkan tambahkan 1 (satu) nama anggota grup bisa masukan trainer pendamping lain, kemudian klik tombol Create, dan grup telegram anda sudah selesai dibuat.


B. Menambah Bot Pendukung Grup Telegram

Bot di telegram sangatlah banyak, anda bisa mencari di telegram sesuai kebutuhan. Sebagai contoh pada panduan ini, saya persilahkan anda menambahkan Mungbot (bot telegram karya Mung Media) yang bisa berfungsi sebagai penyambut member baru, merespon member grup dalam memberi informasi berdasarkan kata kunci tertentu yang sudah saya tambahkan dalam database bot ini.

Untuk menambahkan Mungbot ini, silahkan lakukan langkah berikut:
  1. Klik titik tiga di pojok kanan atas grup yang sudah anda buat - kemudian klik Add members
  2. Pada kotak pencarian, silahkan anda ketik mungbot, jika sudah ditemukan silahkan anda klik mungbot tersebut, kemudian klik tombol Add.
  3. Kalimat penyambut member baru mungbot defaultnya adalah: "Selamat datang Sdr/i [nama] @username di NAMA GRUP, semoga bermanfaat.", kalimat ini bisa diganti sesuai kebutuhan dengan cara mengetik /help kemudian kirim digrup, mungbot akan merespon dengan mengirimkan informasi tentang format penulisan untuk merubah kalimat penyambut member barunya.
  4. Silahkan anda tuliskan kalimat sesuai keinginan dengan diawali /welcome disambung kalimat selanjutnya, bot ini mendukung tag [firstname], [username], [grupname], <b>teks tebal</b>, <i>teks miring</i>, maksudnya adalah ketika anda menuliskan tag [firstname], maka bot akan mendeteksi nama depan dari member yang baru bergabung.

C. Menambah Admin Baru

Untuk menambahkan admin baru pada grup yang sudah anda buat, ikuti langkah berikut:
  1. Klik nama grup anda - kemudian klik titik tiga di pojok kanan atas - klik manage grup

  2. Klik Administrators
  3. Klik Add Administrator
  4. Cari nama anggota grup yang akan dijadikan admin baru


    disini anda bisa menonaktifkan fitur-fitur untuk admin baru yang akan anda tambahkan, jika akan diberi hak penuh, anda bisa aktifkan semua fitur, kemudian dibagian bawah anda bisa tuliskan Admin/ Trainer dan terakhir klik tombol Save.

D. Mengatur grup telegram untuk anggota grup

Untuk mulai mengatur grup silahkan klik titik tiga di pojok kanan atas - klik manage grup


Perhatikan nomor 1, 2, dan no 3 pada gambar di bawah ini:

# No 1: berfungsi untuk mengatur tipe grup, yaitu Private Group atau Public Group, silahkan pilih sesuai kebutuhan, jika grupnya bersifat rahasia atau orang tertentu saja yang bisa bergabung ke dalam grup, maka pilihlah Private Group, link masuk ke grup dengan tipe private ini unik, bisa di rubah jika link dianggap bocor. 
Jika anda akan membuat group yang sifatnya umum, siapapun pengguna telegram bisa menemukan dan bergabung maka pilihlah Public Group, link masuk grup dengan tipe publik ini bisa dibuat dengan nama yang lebih simpel dan mudah diingat.

# No 2: berfungsi untuk mengatur histori chat dalam grup, anda bisa memilih visible jika menghendaki anggota baru bisa membaca chat sebelumnya, dan pilihan Hidden, jika anda menghendaki anggota baru tidak bisa membaca chat sebelumnya.

#No 3: berfungsi mengatur fitur-fitur yang bisa digunakan oleh anggota grup, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan dan tipe grup yang anda buat.

E. Video Call dalam Grup Telegram

Untuk melakukan video call dalam grup telegram, silahkan ikuti langkah berikut:
1. Klik icon Chat di kanan atas, kemudian pilih Start video chat

2. Pilih tampilan nama anda saat video call grup berjalan, bisa akun pribadi atau tampil dengan nama grup, silahkan sesuaikan dengan selera dan kebutuhan anda, kemudian klik Continue.

Video call grup telegram akan aktif, sampai panduan ini dibuat, informasi dari telegram bahwa untuk video call grup telegram mampu menampung 1000 anggota dan dibatasi tampilan video untuk 30 anggota pertama saja, selebihnya hanya suara saja.

4. Untuk melakukan share screen dalam video call grup telegram ini silahkan anda klik icon share screen di bawah, kemudian klik jendela yang akan dibagikan, kemudian klik tombol SHARE SCREEN.


Demikian, selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Follow Me


Tutorial Blogger

Arsip Blog