Info Penting

Laporan Pembuatan Blog Siswa SMPN 1 Kaliwungu Tahun Ajaran 2022/2023

S alah satu materi BTIK kelas IX mulai semester 1 tahun 2022 ini sengaja saya kenalkan tentang dunia blog, diawal perkenalan ini bukan dalam...

Artikel Terbaru


Web Wordpress Jarang dikelola, Saat Login wp-admin Gagal, ini Solusinya

6 Agu 2022 - -

Memiliki web/ blog yang dibangun menggunakan CMS Wordpress memang sebagian orang mengatakan ini keren dan mantabbb...., mantabnya dimana? menurut pendapat beberapa sumber, wordpress itu lebih unggul dikarenakan Aset blog yang tersimpan pada hosting menjadi milik sendiri, urusan desain, tata letak, fitur, boleh dikatakan bebas dikustomisasi untuk menambahkan berbagai fungsi pada blog, dan pendapat lain mengatakan dengan menggunakan wordpress memiliki beberapa lapisan keamanan yang bisa ditambahkan sendiri.


Walaupun konon katanya menggunakan wordpress lebih mantabb, tapi maaf tulisan ini saya buat di blog saya yang menggunakan engine blogger, yang semua penyimpanan konten nitip di google, dan keamanan blog juga tergantung sistem keamanan Google, dari sisi biaya juga blogger lebih hemat dibanding wordpress, dikarenakan selain anda harus memikirkan biaya tahunan domain, anda juga harus memikirkan biaya sewa hosting yang digunakan yang besaranya tergantung spesifikasi hosting yang anda sewa untuk blog wordpress anda.

Kembali ke judul artikel ini, berdasarkan pengalaman pribadi, dan pengamatan terhadap rekan lain yang mengelola blog dari berbagai platform baik itu wordpress, blogger, atau yang lainnya, kebanyakan semangat ngeblog itu di tahun-tahun pertama saja, bahkan banyak yang beberapa bulan pertama saja, selanjutnya banyak sekali blog yang tidak terkelola dengan baik, jangankan dikunjungi orang lain, dikunjungi sendiri saja sangat jarang, dan akhirnya terbengkelai berbulan-bulan, bahkan akhirnya masa aktif domain dan hosting habis.

Nah..., terkait CMS Wordpress ini, update sistem cukup sering dilakukan, dan update fitur-fitur di hosting juga kadang dilakukan seiring perkembangan teknologi yang baru, oleh karenanya kasus gagal login wp-admin blog wordpress kadang terjadi dikarenakan masalah ini, yaitu antara update cms dengan update hosting yang digunakan.

Bagaimana solusinya?

Solusi yang sudah pernah saya praktikan adalah, hanya menurunkan versi PHP pada hosting yang digunakan, misal saat pembuatan blog dulu masih menggunakan versi PHP 7.0, dan sekarang hosting sudah diupdate ke versi terbaru misal versi 8.1, maka biasanya blog wordpress yang jarang dikelola ini akan menemui masalah saat diakses.



Contoh pada gambar di atas, saya menurunkan versi PHP dari 7.4 menjadi 7.0, dan setelah dicoba mengakses wp-admin wordpress sudah normal kembali.

Demikian, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Follow Me


Tutorial Blogger

Arsip Blog