Info Penting

Laporan Pembuatan Blog Siswa SMPN 1 Kaliwungu Tahun Ajaran 2022/2023

S alah satu materi BTIK kelas IX mulai semester 1 tahun 2022 ini sengaja saya kenalkan tentang dunia blog, diawal perkenalan ini bukan dalam...

Artikel Terbaru

Pro dan Kontra Munculnya Iklan di Aplikasi Yasin dan Tahlil

12 Sep 2022 - - 32

Aplikasi Yasin dan Tahlil NU pertanggal 6 September 2022 (versi 2.0.0) setelah melalui proses perbaikan-perbaikan, penambahan fitur-fitur baru lebih dari 100 kali dalam 3 tahun (2019 - 2022), akhirnya di versi terbaru saya putuskan untuk menambahkan iklan dalam aplikasi. 

Mungkin pengguna aplikasi ada yang bertanya, kenapa si harus diberi iklan?

Membuat aplikasi itu membutuhkan cukup banyak tenaga, pikiran, dan tentunya proses yang cukup lama, niat pertama saya sebagai pembuat aplikasi adalah untuk amal jariyah, dengan harapan selama aplikasi ini dimanfaatkan, semoga saya dan keluarga mendapatkan pahala yang akan terus mengalir dan keberkahan dalam hidup dunia, akhirat kelak. Iklan yang muncul dalam aplikasi sebagai salah satu tambahan semangat saya dalam berkarya karena bisa membantu saya mencukupi kebutuhan keluarga dan insyaAllah jadi bisa lebih banyak bersedekah membantu orang-orang disekitar yang membutuhkan.


Iklan cukup mengganggu, bagaimana solusinya?

Aplikasi ini saya desain offline/ tidak harus terkoneksi internet saat membuka aplikasi, dan perlu Anda ketahui bahwa iklan pada aplikasi akan muncul jika hp Anda terkoneksi internet, oleh karenanya jika Anda merasa terganggu  dengan munculnya iklan, apalagi sedang digunakan dalam forum atau sedang tahlilan, saya sarankan matikan koneksi internetnya atau bisa masuk mode pesawat supaya iklan tidak muncul saat aplikasi digunakan, termasuk juga anda tidak akan terganggu dengan WA atau telpon yang masuk.

Bagaimana dengan jenis iklan yang muncul?

Iklan yang muncul itu ada kaitanya dengan kebiasaan pengguna perangkat yang digunakan, contoh misal Anda sebelumnya sedang mencari informasi tentang harga hp merk tertentu, maka jika anda membuka media sosial atau membuka aplikasi, akan muncul iklan-iklan yang serupa dengan yang anda cari sebelumnya. 

Saya sudah berusaha memfilter iklan-iklan yang muncul, mulai dengan memblokir iklan game-game dewasa, iklan kategori dewasa, kategori judi, dan iklan negatif lainnya. Hanya saja kadang ada yang lolos dari pemblokiran, karena memang ada jutaan pemasang iklan di seluruh dunia. Saya hanya bisa berdoa, semoga iklan-iklan yang muncul di aplikasi ini iklan yang positif, atau paling tidak bukan iklan mengajak ke hal negatif.

Membuat semua orang puas dan sesuai keinginan masing-masing memang cukup susah dilakukan, apalagi aplikasi yasin dan tahlil ini sudah digunakan lebih dari 1 juta orang di seluruh dunia. Pro dan Kontra dengan munculnya iklan dalam aplikasi ini saya anggap hal biasa, pengguna yang memberi respon positif saya ucapkan terimakasih atas dukungannya (⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️), dan pengguna aplikasi yang memberikan respon negatif (⭐️) saya terima dengan lapang dada, karena ini memang sudah menjadi resiko yang harus saya ambil ketika saya membuat aplikasi yang akan digunakan banyak orang. Saya cuma bisa berharap semoga pengguna aplikasi Yasin dan Tahlil tetap bisa menggunakan aplikasi ini seperti biasanya, walaupun sekarang sudah muncul iklannya. Semoga tetap bermanfaat, Aamiin....


Update terbaru sampai versi 2.0.3 (11 September 2022):
  • Fitur mode gelap
  • Tasbih digital
  • Amalan surat-surat pilihan untuk 4/7 bulan kehamilan
  • Bacaan bilal sholat jumat
  • Pengaturan frekuensi munculnya iklan

32 komentar

  1. Alhamdulillah saya sangat terbantu dengan aplikasi ini. Menurut saya sah² saja aplikasi ada iklan nya, termasuk aplikasi yasin tahlil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas respon positif dan dukungannya.

      Hapus
  2. Terima kasih. Semoga jadi amal jariyah untuk yang membagikan aplikasi ini,
    Aplikasi yang sederhana namun sangat bermanfaat bagi saya.

    Semoga anda dan keluarga selalu di berikan kesehatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin...., terimakasih atas respon dan doanya. semoga Anda dan keluarga juga diberi kesehatan dan keberkahan.

      Hapus
  3. Sdh Ihlas saja , shg mejadikan amal jariyah bagi anda

    BalasHapus
    Balasan
    1. InsyaAllah ikhlas membuat dan mempublikasikannya, semoga anda juga ikhlas saat menggunakan aplikasi yang muncul iklannya.

      Hapus
  4. Semoga jadi amal jarian untuk pembuatnya.. amiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.... terimakasih atas doa dan dukungannya.

      Hapus
  5. Asal tdk menutupi g masyalah, Jazakumullah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika sudah membuka lebih dari 4 halaman, maka akan muncul iklan yang tampak menutupi aplikasi, tinggal tunggu sebentar dan klik silang saja. atau jika takut terganggu, lakukan tips di atas.

      Hapus
  6. Terima kasih aplikasi ini sangat membantu untuk sy,klo ada iklan ya gpp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah.... Terimakasih atas respon positif dan dukungannya.

      Hapus
  7. Iklan tak masalah, yg penting layak. Maju & inovasi terus tiada henti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah.... Terimakasih atas respon positif dan dukungannya.

      Hapus
  8. Bikin premiumnya yg tanpa iklan donk. Ganggu soalnya. Gapapa beli juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf, untuk saat ini tidak ada fitur pembelian aplikasi, jadi yang bisa baru dengan munculnya iklan saja di aplikasi. semoga kedepan diberi kemampuan untuk menambahkan fitur tersebut.

      Hapus
  9. terus maju min .saran tambah kan adzan 2 yg merdu min sama tarhim subuh..audio

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas saran dan masukannya. ini mungkin akan cocok di aplikasi berikutnya. :)

      Hapus
  10. penting iklanya tidak video, itu tidak mengganggu, toh membuat aplikasi adalah suatu karya, yg banyak memakan waktu dan biaya jadi sampean juga perlu ads untuk mengembangkan dan perawatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah.... Terimakasih atas respon positif dan dukungannya.

      Hapus
  11. Alhamdulillah, bisa menggunakan aplikasi ini dengan maksimal, ijin tanya mas, untuk memperbesar ukuran teks, apakah cukup di tekan A+, kerena di hp saya ketika di tekan A+ maupun A-, ukuran teks ya mengecil semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk kasus ini saya belum menemukan solusinya, karena saat saya gunakan dan uji coba baik di hp sendiri maupun hp teman/ tetangga bisa digunakan normal, fitur A+ berfungsi memperbesar ukuran teks, A- memperkecil ukuran teks.

      Hapus
  12. Alhamdulilah Terima Kasih Saya Mendonlod Dari Tahun 2021 sudah mendonlod aplikasi ini betul2 bermanpaat sekali bagi saya terima kasih kepada mung media dari Ujang Sutisna Jakrta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah.... Terimakasih atas respon positif dan dukungannya.

      Hapus
  13. Alhamdulillah...Dengan adanya aplikasi YASIN DAN TAHLIL bisa menambah Syi'ar Islam di Medsos,,terus maju

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah.... Terimakasih atas respon positif dan dukungannya.

      Hapus
  14. Alhamdulillah saya baca yasin dgn apk tanpa bawa kitab yasin

    BalasHapus
  15. Ga masalah sih ada iklannya, asal iklannya juga disaring bukan yg seronok saja, aplikasinya sangat membantu saya sejauh ini.. sederhana dan ga ribet.
    Terimakasih atas bantuannya

    BalasHapus
  16. Sahsah wae kang, semoga njenengan sekeluarga diberkahi

    BalasHapus
  17. Terima kasih atas aplikasinya,smoga kita semua selalu di berkahi oleh ALLOH SWT

    BalasHapus
  18. Ikhlas dan memang layak. Cuma agak khawatir muncul iklan² yang tak layak dengan materi aplikasi. Terimakasih. Aplikasi ini sangat bermanfaat... ,,🙏🙏🙏

    BalasHapus
  19. Alkhamdulillah..semakin bertambah ilmu tentang bacaan2 disetiap kegiatan..jadi cepat hafal

    BalasHapus

Follow Me


Tutorial Blogger

Arsip Blog