Info Penting

Aplikasi Yasin dan Tahlil No 1 di Google dan Playstore

A plikasi Yasin dan Tahlil terbaik nomor 1 di Google dan Playstore kaya akan fitur dan konten yang bermanfaat untuk amalan sehari-hari u...

Info Penting

Artikel Terbaru

Membuat Kode QR dan Cara Mudah Verifikasi Keaslian Sertifikat

27 Jan 2024 - -

Dalam era digital saat ini, penggunaan kode QR telah menjadi semakin umum, tidak terkecuali dalam hal sertifikat dan dokumen lain. Membuat dan menggunakan kode QR untuk sertifikat adalah cara yang efisien untuk menyimpan informasi untuk memverifikasi keaslian dokumen, sehingga bisa meminimalisir pemalsuan sertifikat kegiatan yang diselenggarakan.


Pada artikel ini akan saya bahas bagaimana cara membuat kode QR yang akan dipasang disertifikat peserta/ narasumber kegiatan yang diselenggarakan instansi pemerintah/ organisasi profesi.

Membuat Kode QR untuk Sertifikat

  1. Buatlah dokumen resmi dengan kop surat, tanda tangan dan stempel resmi instansi/ organisasi profesi yang berisi daftar peserta kegiatan yang mendapatkan sertifikat, kemudian simpan dalam format PDF.
  2. Buatlah postingan di web/ blog instansi/ organisasi profesi anda yang berisi daftar peserta yang mendapatkan sertifikat (baca cara menyematkan file PDF di blog).
  3. Publikasikan postingan dan salin URL menuju postingan tentang daftar peserta kegiatan tersebut.
  4. Buatlah kode QR yang berisi informasi URL postingan pada langkah ke 3, anda bisa menggunakan fasilitas yang ada di bit.ly atau bisa juga menggunakan qrcode-monkey.com 
  5. Setelah kode QR berhasil dibuat, silahkan dipasang di desain sertifikat anda, dan selanjutnya bisa digunakan untuk generate sertifikat semua peserta.

Cara Verifikasi Dokumen dengan Kode QR

Pindai Kode QR: Penerima sertifikat atau pihak yang berkepentingan dapat menggunakan perangkat ponsel atau tablet dengan kamera untuk memindai kode QR yang terdapat pada sertifikat, bisa menggunakan google lens untuk scan kode QR, nantinya akan muncul URL menuju postingan pada web/ blog resmi penyelenggara kegiatan yang berisi daftar peserta yang mendapatkan sertifikat.

Demikian artikel tentang Membuat Kode QR dan Cara Mudah Verifikasi Keaslian Sertifikat, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Follow Me

Foto Mr. Mung
ttd Mr. Mung

Tutorial Blogger

Pilih Arsip Blog