Soal UN 2015 Tidak Menggunakan Pilihan Ganda

27 Jan 2015 - -

Berita tentang Soal Ujian Nasional tahun 2015 yang tidak lagi menggunakan pilihan ganda, alias akan menggunakan soal uraian beredar di internet, seperti yang di publikasikan oleh website republika.co.id, menyatakan bahwa Soal Ujian Nasional (UN) 2015 dirancang sesuai kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang mendorong para peserta didik berpikir pada tingkat yang lebih tinggi dan mendalam.

Dalam penjelesan Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud Prof. Nizam: Bahwa peserta Ujian Nasional tidak lagi dituntut untuk menghafalkan, namun memahami dan menganalisa. Oleh karena itu, soal ujian nasional akan dibuat uraian atau bukan soal pilihan ganda lagi.

Walaupun masih berupa wacana atau boleh dibilang baru berita yang belum tentu dijamin kebenaranya karena sampai saat ini POS UN 2015 belum keluar, namun demikian sekolah pada umumnya peserta didik pada khususnya harus sudah menyiapkan diri dengan segala kemungkinan berkaitan dengan Ujian Nasional Tahun 2015 ini.

Bagaimana pendapat anda tentang wacana tentang Soal Ujian Nasional 2015 Yang tidak lagi menggunakan soal Pilihan Ganda? silahkan tuliskan pendapat anda dikolom komentar atau kolom diskusi dibawah ini.

Update terbaru:
Hasil klarifikasi langsung dengan Prof Nizam: Sudah dapat klarifikasi dari Prof. Nizam, Kapuspendik. Beliau kaget baca berita tentang Soal Ujian Nasional 2015 Yang tidak lagi menggunakan soal Pilihan Ganda, karena yg beliau jelaskan itu adalah potensi JANGKA PANJANG penggunaan Computer-Based Test. Jadi bila CBT sudah meluas, assessment DAPAT berupa soal-soal esai juga. Jadi tahun 2015 ini tetap menggunakan pilihan ganda.

Silahkan tinggalkan komentar anda disini dan Terimakasih anda mau menuliskan nama anda.

Koleksi Tutorial Blog

Arsip Blog