Info Penting

Aplikasi Yasin dan Tahlil No 1 di Google dan Playstore

A plikasi Yasin dan Tahlil terbaik nomor 1 di Google dan Playstore kaya akan fitur dan konten yang bermanfaat untuk amalan sehari-hari u...

Info Penting

Artikel Terbaru

Penjelasan Sistem Kerja UKG Online 2012

29 Jul 2012 - -

Tulisan dibawah ini sengaja saya copy langsung dari buku panduan aplikasi UKG online tahun 2012, karena banyaknya informasi yang diterima peserta UKG yang sedikit keliru memahami aplikasi UKG Online yang akan digunakan dalam pelaksanaan Ujian Kompetensi Guru.

Banyak yang berfikiran bahwa aplikasi UKG online bisa diakses disembarang tempat untuk mengikuti ujian, penjelasan dibawah ini semoga bisa menjawab pertanyaan tentang sistem kerja UKG Online. UKG Online adalah sistem ujian secara komputerisasi, dengan sistem jaringan yang terdistribusi. Secara umum sistem UKG online dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Skema Uji Kompetensi Guru
Dari sisi koneksitas sistem ini dikelompok menjadi dua bagian yaitu internet dan intranet. Koneksi internet diperlukan untuk jalur komunikasi data antara server pusat dengan server TUKG. Komunikasi yang dilakukan antara kedua server tersebut adalah :
(a) Sinkronisasi data peserta UKG dari server pusat ke server lokal
(b) Download soal ujian dari server pusat ke server lokal
(c) Validasi TUKG, jadwal dan tiket ujian dari server lokal ke server pusat
(d) Sinkronisasi data hasil ujian dari server lokal ke server pusat

Koneksi intranet diperlukan untuk jalur komunikasi data antara client (peserta uji) dengan server TUKG. Komunikasi yang dilakukan antara keduanya adalah:
(a) Server lokal memfasilitasi client untuk mendapat tiket ujian sesuai dengan jadwal dari server pusat
(b) Mendistribusikan soal ujian dari server lokal kepada client
(c) Server lokal memfasilitasi client untuk memproses hasil ujian yang disinkronisasikan dengan server pusat

Demikian semoga bisa memberi pemahaman awal kepada para peserta Ujian Kompetensi Guru, sebagai contoh jika ada yang mengatakan ada bocoran soal UKG, dari skema yang digunakan diatas sangat kecil kemungkinannya, karena soal baru terdownload setelah server lokal di Tempat UKG siap dan sudah tervalidasi server pusat dengan adanya semacam serial number khusus untuk tiap TUKG.

Tetap Semangat! dan Tetap Berdoa, semoga sukses. baca juga tips sukses UKG 2012 di link berikut:
http://www.mr-mung.com/2012/07/tips-sukses-ukg-online-2012.html

Tidak ada komentar:

Follow Me

Foto Mr. Mung
ttd Mr. Mung

Tutorial Blogger

Pilih Arsip Blog