Info Penting

Aplikasi Yasin dan Tahlil No 1 di Google dan Playstore

A plikasi Yasin dan Tahlil terbaik nomor 1 di Google dan Playstore kaya akan fitur dan konten yang bermanfaat untuk amalan sehari-hari u...

Info Penting

Artikel Terbaru

Inventarisasi Masalah Pelaksanaan UKG Online

1 Agu 2012 - - 2

Berikut beberapa masalah yang sering muncul saat pelaksaan UKG Online beserta solusi terbaik dari pakarnya langsung, solusi-solusi Masalah UKG Online terbaik dibawah ini  saya ambil dari group UKG online, jika anda seorang teknisi UKG Online yang kebetulan mendapati masalah-masalah ini, dan belum menemukan jawabanya, bisa mencoba mempraktikan solusi-solusi dibawah ini, semoga berhasil dan bermanfaat.
1. Masalah: Saat peserta melakukan login muncul peringatan "Identitas peserta yang anda masukan tercatat sedang mengikuti Ujian" seperti gambar dibawah ini:

Solusi:
1) Masuk ke web pengelola,
2) klik menu "Pengawasan Pelaksanaa",
3) Cari ID yang tidak bisa login,
4) Klik icon gembok kemudian jawab OK.

2. Masalah: Apabila muncul “Init error” berarti server telah aktif, hanya saja file “reginfo.txt” belum diupload ke server:

Solusi:
Cek kembali reginfo.txt yang sudah anda dapatkan dari LPMP yang berasalah dari BPSDM Kemdikbud, apa sudah diupload kedalam folder /etc, lebih lengkapnya silahkan baca kembali manual Aplikasi UKG Online.

3. Masalah: Client tidak bisa memanggil soal

 Solusi:
a). Cek kembali jaringan LAN anda, apa ada firewall yang aktif, atau ada antivirus aktif yang kemungkinan memblock port UKG Online, pastikan firewall dan antivirus yang dimungkinkan memblock ip server UKG Online yang menggunakan port: 8416 dimatikan.
Pastikan kembali bahwa ISP (Internet Service Provider) yang anda gunakan dalam koneksi internet di TUKG anda tidak mengaktifkan firewall yang dimungkinkan memblock ip server ukg online.
b). Solusi lain: Tanpa merubah router, anda bisa juga dengan merubah port pada virtualbox, masuk di setting kemudian network/ Jaringan, pada pengaturan port 8416 diubah ke port 8080.

4. Masalah: Saat print out hasil ujian, tapi tanggal ketinggalan?

Solusi:

Ganti timezone vbox Anda. Caranya:
1). login ke console UKG Pengelola dengan user: root, pass: toor
2). ketikkan perintah berikut:
a. WIB:
ln -sf /usr/share/zoneinfo/Asia/Jakarta /etc/localtime
b. WITA:
ln -sf /usr/share/zoneinfo/Asia/Makassar /etc/localtime
c. WIT:
ln -sf /usr/share/zoneinfo/Asia/Jayapura /etc/localtime

5. Masalah: Mati lampu atau tiba-tiba komputer mati, peserta tidak dapat melanjutkan ujian, keterangannya adalah "Sedang mengikuti Ujian", "Jadwal hari ini tidak ada" dan pesan lainnya yang intinya PESERTA TIDAK DAPAT MELANJUTKAN UJIAN:

Solusi: 
Kalau "sedang mengikuti ujian":
Seperti solusi pada masalah nomor 1: Silakan klik icon gembok pada menu "Pengawasan Pelaksanaan".

Jika tulisannya "TIDAK ADA JADWAL UJIAN" berarti:
1). Dianggap Sudah selesai ujiannya dan sudah terkirim ke pusat,
2). Harus minta ijin ujian lagi ke pusat dan tidak bisa diberikan karena sudah tercatat di pusat mengikuti ujian, dan solusi terbaik, pengawas membuat berita acara, supaya peserta bisa mengikuti ujian susulan dilain waktu.

6. Masalah:  nomor peserta dan nomor NUPTK sudah dimasukan, dan sudah dipastikan datanya benar sesuai sertifikat peserta, namun tidak bisa login untuk mengikuti UKG.

Solusi:
Setelah teknisi/ pengawas memastikan data peserta memang ada dan terdaftar diserver lokal, namun tidak bisa login, ini disebabkan kemungkinan antara data peserta dengan data yang tercatat di pusat tidak sama, maka solusi terbaik, buatkan berita acara untuk mengikuti ujian susulan, dan segera melapor ke dinas/ panitia UKG setempat untuk perbaikan dan pengecekan kebenaran data peserta.

7. Masalah: Soal atau jawaban tidak jelas, dan tidak bisa dikerjakan. contoh seperti gambar dibawah ini:

Solusi: kerjakan apa adanya, dan setiap soal yg terbukti "ketidakbenarannya" tidak diperhitungkan dalam pengolahan hasil akhirnya. Jadi jangan khawatir.

8.Masalah:  saat peserta login muncul Pesan Sistem "TIDAK DAPAT MENGENALI PROTOCOL SERVER" untuk mata pelajaran: Bahasa Indonesia SMA, PKN SMA, Bimbingan Konseling (Konselor) SMA, Bahasa Daerah.

Keterangan: Masalah ini terjadi karena ada perbedaan data mata pelajaran peserta dengan layanan sistem UKG Online, sedangkan untuk SLB, SDLB atau SMPLB, SMALB, SMKLB pemetaannya belum clear, dan untuk sementara yang dikenali sistem, SD adalah Guru kelas  dengan kode 027, dan Penjaskes itupun kalau gurunya memasukkan kodenya 220, jika bukan 220 maka sistem menolak dengan memunculkan pesan tersebut.

Solusi:  Buatkan berita acara dan sampaikan ke peserta untuk mengikuti Ujian susulan diwaktu yang akan datang (UKG Online tahun 2012, ujian susulan akan dilaksanakan serentak mulai awal Oktober 2012, informasi jadwal akan disampaikan dinas kabupaten/ kota masing-masing).

Sementara ini, nanti kalau ada masalah dan sudah ada solusinya, akan saya tambahkan lagi disini. :)

2 komentar

  1. Jika kita tidak klik gambar telapak tangan (untuk proses ujian, karena keburu waktu pengerjaan udah habis, dan pengerjaan dihentikan otomatis dan langsung diberitahu hasil UKG, apakah informasi nilai pedagogik dan profesional udah memperhitungkan/meliputi jawaban yang diklik pada menit-menit terakhir,masalahnya jawaban itu belum tersimpan secara otomatis.

    Pada informasi nilai UKG di akhir ujian, muncul nilai:
    pedagogik benar 20 salah 1 dan
    profesional benar 50 salah 19
    Apakah ini mungkin?
    dilhiat dari rincian di atas, nilai khan 70 karena salah 20
    Padahal jumlah soal yang udah dijawab ada 100 (udah dicek, bahwa soal dijawab semua)
    Mohon bantuan penjelasannya,
    terima kasih
    (Mr. Aziz)

    BalasHapus
  2. @mr. Aziz: jika waktu habis, maka nilai akan diproses secara otomatis, dan jawaban yg diklik terakhir tentu masuk dalam proses penilaian.
    untuk rincian lebih detail, bapak bisa minta dicetakkan hasil ujiannya ke teknisi di TUKG.
    terimakasih.

    BalasHapus

Follow Me

Foto Mr. Mung
ttd Mr. Mung

Tutorial Blogger

Pilih Arsip Blog