Info Penting

Aplikasi Yasin dan Tahlil No 1 di Google dan Playstore

A plikasi Yasin dan Tahlil terbaik nomor 1 di Google dan Playstore kaya akan fitur dan konten yang bermanfaat untuk amalan sehari-hari u...

Info Penting

Artikel Terbaru

Solusi Custom Domain Blogspot Bermasalah

21 Sep 2012 - - 11

Pada posting yang lalu blogger untuk sementara menonaktifkan fasilitas custom domain blogspotnya dikarenakan terdapat masalah, dan para pecinta blogspot custom domain-pun sabar menanti seraya berdoa semoga si mbah google cepat selesai memperbaiki masalah custom domainya. Alhamdulillah, barusan saya cek di fitur custom domain ternyata sudah aktif kembali, tapi ada beberapa perubahan pada saat kita setting domain di cpanel domain kita, yaitu saat kita memasukan CNAME record, tambahanya berupa verifikasi dari google yang harus kita masukan melalui CNAME record.

Untuk lebih jelasnya silahkan anda ikuti tutorial berikut:
1. Login ke akun blogger anda, kemudian klik setelan (caranya sama seperti pada posting yang lalu tentang custom domain)

2. Perhatikan gambar berikut:

klik gambar untuk memperbesar tampilan
Pada gambar diatas, setelah anda memasukan nama domain utama anda (misal www.domainanda.com) silahkan anda klik PETUNJUK SETELAN (pada gambar diatas saya tunjukan pada nomor 3) dan anda akan diantar ke jendela pertolongan (How do I use a custom domain name for my blog), disana anda tinggal pilih On a top-level domain (www.example.com) dan dibawahnya akan tampil petunjuk tentang verifikasi domain anda. (kode verifikasi tiap blog berbeda-beda), perhatikan gambar berikut:
klik gambar untuk memperbesar tampilan
Pada gambar diatas, yang saya beri kotak merah merupakan petunjuk yang harus anda ikuti, yaitu memasukan kode verifikasi kedalam cpanel domain anda, berupa CNAME record, dan menambahkan A Record, hasil memasukan kode verifikasi untuk custom domain blogspot baru ini seperti ditunjukan pada gambar berikut:
3. Klik tombol Add Record, jadi anda akan memasukan 2 CNAME RECORD, yaitu berupa Host Name: www dengan value: ghs.google.com  dan Host Name: kode verifikasi dengan value yang akan anda dapatkan saat anda membuka PETUNJUK SETELAN seperti keterangan diatas. contoh kode verifikasi yang didapatkan seperti berikut:

- Host Name: GAY6CMPS6USA
-Value: gv-BFDSHAYDSM3VIHFZK2J2XKROWWMQ.domainverify.googlehosted.com

4. Setting custom domain di blogspot seperti biasa, dan tunggu paling tidak 24 jam. setelah itu InsyaAllah custom domain blogspot anda sudah beres, dan yang tadinya saat dibuka muncul keterangan error 404. That’s an error setelah setting ini domain anda akan tampil normal.

Semoga bermanfaat. 
Bagi yang gak ada waktu dan gak  mau repot cara membuat dan mengedit blog, serahkan saja kepada Mung Bisnis | Jasa Pembuatan Blog.

11 komentar

  1. Terima kasih Mr Mung atas infonya, lega dah ketemu jawabannya.
    Jadi, kode verifikasi dan value tiap url beda-beda ya.
    Trus untuk custom domain yg lama bagaimana ya, apa juga nantinya perlu merubah settingan?

    BalasHapus
  2. @Banyuwangibagus: untuk custom domain yg lama sy kira gk jadi masalah, karena ketika sudah aktif itu tandanya domain itu memang benar milik kita, salah satu fungsi verifikasi utk mengetahui benar tidaknya kepemilikan domain tsb.

    BalasHapus
  3. Pada tampilan antar muka blogger yang baru, kalau kita mau mengganti template agak sulit karena ternyata tidak ada fitur upload seperti pada tampilan lama.

    Alternatifnya bagaimana menurut mr.Mung ?

    BalasHapus
  4. @Banyuwangi: fitur upload template tentu ada dong... coba cek kembali, ada tulisan backup template (backup dan upload jd 1) dipojok kanan atas setelah anda klik template.

    BalasHapus
  5. dah ditunggu selama 1 hari lebih tapi belum ada perubahan, belum bisa di akses tanpa www...

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastikan IP google sudah dimasukan semua di A record domain panelnya.

      Hapus
  6. saya mengalami redirect ke halaman kosong ketika ingin masuk ke template blogspot saya, mohon pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba ganti dg template lain, mungkin templatenya mengandung virus.

      Hapus
  7. kalau kasusnya web tidak bisa di buka dekstop, tapi bisa di buka di smartphone solusinya gimana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba bersihkan cache, cookie, history browser komputer yang digunakan, bisa dg tekan CTRL+SHIFT+DEL. kemudian dicoba buka kembali.
      atau coba dibuka dg komputer lain, cek bisa diakses dikomputer lain atau tidak.

      Hapus

Follow Me

Foto Mr. Mung
ttd Mr. Mung

Tutorial Blogger

Pilih Arsip Blog