Info Penting

Aplikasi Yasin dan Tahlil No 1 di Google dan Playstore

A plikasi Yasin dan Tahlil terbaik nomor 1 di Google dan Playstore kaya akan fitur dan konten yang bermanfaat untuk amalan sehari-hari u...

Info Penting

Artikel Terbaru

Pekerjaan Pengganti Guru TIK Tahun 2013

25 Mar 2013 - - 5

Salah satu kebijakan dalam kurikulum 2013 adalah terhapusnya salah satu mata pelajaran TIK untuk jenjang SMP, saya pribadi sebagai Guru TIK di SMP sedikit GALAU ketika mendengar dan membaca berita ini, apalagi sering kali mendengar "Ngendikane" yang terhormat Bapak Menteri Pendidikan M. Nuh dalam beberapa even, ketika mendapatkan beberapa pertanyaan dari peserta terkait nasib Guru TIK beliau dengan enteng dan begitu mudahnya menjawab, Guru TIK kan bisa mengajar mata pelajaran lain.

Saya tidak bisa membayangkan, betapa semrawutnya pendidikan Indonesia kali ini, jika penyampaian mata pelajaran, penyampaian ILMU oleh seorang Guru yang bukan dibidangnya, akankah terjadi MALPRAKTIK dalam pembelajaran...?

Saya jadi teringat waktu jadi GTT sekitar tahun 2008, saya disuruh mengajar Penjaskes karena ada sesuatu hal yang mengharuskan saya harus menjadi pengganti sekitar 1 semester, pekerjaan yang benar-benar bukan bidangnyapun saya jalani dengan penuh kehati-hatian, karena takut terjadi yang tidak diinginkan, dan benar juga, saat saya dan anak-anak bermain sepak bola, ada salah satu siswa yang terkilir, karena mungkin saya salah dalam memberi pemanasan, sebagai guru olah raga, paling tidak bisa memberi pertolongan pertama sebelum dibawah ke dokter atau dukun pijet, akhirnya saya hanya bingung sendiri, dan menyuruh siswa pulang buat cari dukun pijet sendiri. Dalam hati pada waktu itu berkata, ini benar-benar tidak bisa dibiarkan terus menerus, bisa bahaya, bukan bidangnya koq disuruh ngajar....

Saat ini kurikulum 2013 yang rencana tetap akan dilaksanakan pada awal tahun ajaran baru nanti (walaupun banyak para tokoh pendidik menolak sistem pendidikan tematik terintegrasi ini), sebagai contoh Pengamat pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Suryadi, menilai upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melebur sejumlah mata pelajaran melalui penerapan kurikulum 2013 akan menimbulkan masalah terutama terkait keberadaan guru. Sejumlah mata pelajaran akan diintegrasikan atau dilebur, ini kemungkinan akan mengurangi jumlah guru, belum lagi guru yang didaulat mengajar akan kesulitan karena integrasi tersebut, misalnya di tingkat SD pelajaran IPA dan IPS akan diintegrasikan ke dalam pelajaran Bahasa Indonesia.

Ke-Galauan lainya dirasakan sebagian calon peserta UKA atau UKG yang tiba-tiba dipending sebagai peserta UKA tahun 2013, dan bagi para peserta UKG tahun 2013 juga mengalami masalah sebagaimana informasi berikut:

Sehubungan dengan tidak adanya mata pelajaran TIK pada struktur kurikulum SMP dan SMA tahun 2013, maka UKG tahun 2013 tidak ada mata uji TIK. Oleh karena itu, peserta UKG mata pelajaran TIK dapat merubah ke mata pelajaran lain yang sesuai dengan ketentuan dan persyaratan peserta sertifikasi guru. Perubahan mata pelajaran masih dimungkinkan dan diberi kesempatan sampai dengan tanggal 13 April 2013 (Mekanisme perubahan akan disampaikan melalui AP2SG).

Sesuai judul  posting saya ini, sebagai gambaran yang mungkin bisa terjadi untuk Pekerjaan Pengganti Guru TIK Tahun 2013 adalah sebagai berikut:
  1. Menjadi pengampu mata pelajaran lain yang ada kelebihan jam di sekolah Guru tersebut mengajar, bisa pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama, dll.
  2. Bagi guru SMP atau SMA, bisa mutasi ke jenjang SMK yang masih ada mata pelajaran terkait dunia komputer, bisa dijurusan Multimedia, Rekayasa Perangkat Lunak, atau Teknik Komputer Jaringan, dan yang pasti masih ada kelebihan jam.
  3. Beralih fungsi menjadi tenaga administrasi sekolah alias tenaga TU,
  4. Ditarik ke Dinas Pendidikan Kabupaten, Kota atau bahkan propinsi (BPTIKP, LPMP) untuk menjadi Tenaga Administrasi atau tenaga teknis yang masih terkait dengan dunia IT.
  5. Menjadi Guru TIKnya para guru mapel di sekolah yang diampu, membimbing bagaimana cara membuat media pembelajaran yang baik menggunakan IT,serta menjadi konsultan IT disekolah,
  6. Menjadi Widyaiswara dibidang IT.
  7. Menjadi Kepala Sekolah dadakan.
  8. Menjadi Pengawas Sekolah Dadakan.
  9. Berhenti mengajar di sekolah dan membuka layanan konsultasi dibidang IT.
  10. Menjadi Dokter komputer, dan lelaki panggilan sebagai teknisi komputer,
  11. Menjadi Internet Marketer sukses,
  12. Apalagi ya.....
Demikian, sedikit tulisan yang semoga ada manfaatnya, jika ada tulisan ngacau, dan tidak masuk akal, abaikan saja, anggap saja itu sebagai Joke supaya anda tidak mengalami ke-GALAU-an yang berlebihan, tetap sabar dan bersyukur, semoga Allah SWT memberi jalan terbaik untuk kita semua. amiiin....

Semoga bermanfaat.

5 komentar

  1. Sebenarnya konsep kurikulum 2013 sangat baik. Cuma.... masyarakat (terutama pendidik dan tenaga kependidikan) dan kondisi Indonesia belum siap untuk mengintegrasikannya terutama di daerah-daerah. Untuk pelaksanaan KTSP saja belum maksimal, apalagi di ganti Kurikulum 2013.

    BalasHapus
  2. mangstabbb..... Alhamdulillah, saya ijazahnya komputer... tapi ngajarnya malah seni budaya... :D

    BalasHapus
  3. Subhanallah selamat u Muh. Nuh yg membuat pendidikan di Indonesia Kocar kacir

    BalasHapus
  4. Wah, repot juga ya urusannya. tetap semangat om
    mampir sini ya.. http://www.tintaguru.com/2013/12/pendidikan-di-era-digital.html

    BalasHapus

Follow Me

Foto Mr. Mung
ttd Mr. Mung

Tutorial Blogger

Pilih Arsip Blog