Info Penting

Aplikasi Yasin dan Tahlil No 1 di Google dan Playstore

A plikasi Yasin dan Tahlil terbaik nomor 1 di Google dan Playstore kaya akan fitur dan konten yang bermanfaat untuk amalan sehari-hari u...

Info Penting

Artikel Terbaru

Anis Baswedan ditelpon Ustadz Yusuf Mansur Masalah Evaluasi Tata Cara Berdoa di Sekolah

10 Des 2014 - -

Akhir-akhir ini dunia pendidikan memang sedang heboh, mulai dari implementasikannya K13 yang banyak menimbulkan masalah, kemudian disambung dengan diberhentikannya implementasi K13 bagi sekolah-sekolah tertentu dengan keluarnya surat menteri tentang implementasi kurikulum 2013 yang juga masih ada pro kontra terkait masalah ini.

Kemarin dunia pendidikan dihebohkan kembali dengan munculnya pemberitaan dari media online detik.com yang isinya sebagai berikut:

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengatakan kementeriannya sedang mengevaluasi proses belajar mengajar yang selama ini berlangsung di sekolah-sekolah negeri. Salah satu yang sedang dievaluasi terkait dengan tata cara membuka dan menutup proses belajar.

"Saat ini kita sedang menyusun, tatib soal aktivitas ini, bagaimana memulai dan menutup sekolah, termasuk soal doa yang memang menimbulkan masalah. Ini sedang direview dengan biro hukum," ujar Anies dalam jumpa pers di kantornya, Gedung Kemendikbud, Jalan Jend Sudirman, Jakarta, Senin (1/12/2014).

Anies mengatakan hal itu menjawab pertanyaan tentang adanya keluhan sejumlah orangtua murid terhadap tata cara dominan agama tertentu dalam proses belajar mengajar. Hal itu membuat siswa penganut agama lain menjadi tidak nyaman.

"Sekolah di Indonesia mempromosikan anak-anak taat menjalankan agama, tapi bukan melaksanakan praktik satu agama saja," tuturnya.

Menurut Anies, sekolah negeri bukanlah tempat untuk mempromosikan keyakinan agama tertentu. Sesuai dengan asas pemerintah menjamin kemerdekaan beragama di Indonesia, sekolah seharusnya memberikan kesetaraan bagi penganut agama lainnya.

"Sekolah negeri menjadi sekolah yang mempromosikan sikap berketuhanan yang Maha Esa, bukan satu agama," tutup Anies.

Dari pemberitaan tersebut, reaksi masyarakat begitu cepat salah satunya yang dilakukan oleh Ustadz Yusuf Mansur yang langsung ngetwit yang ternyata berakibat reaksi cukup keras dari berbagai lapisan masyarakat baik Guru, orang tua dan Masyarakat Muslim di Indonesia berikut beberapa kutipan twitter Yusuf Mansur:






Berikut isi twitter Ustadz Yusuf Mansur paska berbincang-bincang dengan Menteri Pendidikan Anis Baswedan:
1. Bismillah
2. saya tumben amat tadi sangat responsif. trhadap berita yg diturunkan http://detik.com .
3. ttg kutipan pernyataan pak anies baswedan4. sejurus setelah ngetwit, ga lama, zuhur menjelang. saya ademkan diri saya dg shalat. saya menemukan bbrp kejanggalan. &kesalahan saya.
5. kejanggalan itu adalah -- saya mikir --, apa iya pak anies bcr begitu...? jangan2 nih http://detik.com  salah ngutip...?
6. saya pernah punya pengalaman saat 1 portal berita ternama, ke pesantren. bertamu baik2. bertanya ttg patunganusaha.
7. ngobrol panjang lebar, bahkan saya trm dg sangat baik, penuh keramahanan, & trbuka. tp akhirnya, berita yg keluar, beda.
8. deg. di hati saya, deg. rasanya salah nih. bnr. jgn2 salah kutip, atau apa.... sementara? dah trlanjur ketwit.
9. selepas zuhur, saya berusaha sms&ngebel pak anies. tp blm trsambung. hingga jelang maghrib blm trsambung.
10. saya tau, saya ngelanggar komitmen saya u baik sangka. scr ga enak juga dirasanin. apalagi u sesuatu yg ga benar.
11. saya tau, bhw saya menyuruh kalem. tp siang td saya g kalem. sbb nyentuh soal ibadah&'aqidah. hrsnya ttp kalem sedikit. nunggu tabayyun.
12. smntr blm trsambung, saya g tau apa yg trjadi. di luar sana, cepat sekali bredar di sosmed, bnyk hal yg berkait&dikait2in dg twit saya.
13. sbagiannya ada yg apa adanya. dan sebagiannya, ada yg ditambah2in. saat bc ada yg nambah2in, saya makin berdoa, smg berita itu, slh.
14. sbb apa? sbb saya makin nyadar, hmmm... iya nih. jgn2 ada yg salah. ada yg nambahin, ngurangin, atau reportase ga lengkap.
15. sesuatu yg pdhl jamak jg trjadi di saya, ke saya. bnyk yg mengutip sepotong2, & nurunin/ngangkat semaunya yg nurunin/ngangkat.
16. di sisi lain, saya senang, bhw fungsi pengawasan dari masayaarakat, yakni saya sebagai bagian dari masayaarakat, sangat jalan. efektif.
18. shingga hal2 yg tdk diinginkan, bs lsg dicegah, jika memang bnr buruk. sebaliknya, kebaikan pun bs cpt trsiar. cumaaaa...
19. cuma, besok2 saya hrs trbiasa klarifikasi lsg. scr alhamd., skrng akses komunikasi skrng dah bs kemana2. alhamdulillaah, puji sayaukur.
20. jelang maghrib, pak anies nelpon saya.
21. tp ga keangkat. lepas maghrib, saya buka hp. ada sms. dari pak anies. rupanya beliau brusaha kontak saya. &minta saya buka hp.
22. saya inisiatif bel balik. saya sms, saya aja yg ngebel. dibalas beliau. beliau sdg di rumah uminya. di Jogja.
23. 20 menit jelang isya, Pak Anies ngebel saya lagi. Saling brusaha kontak, ga pas2, he he he. Akhirnya kebales. &Bcr.
24. Intinya, menurut Pak Anies, berita itu ga benar. Saya di awal kali dngr suara beliau, dah minta maaf duluan. Tp bnyk hikmahnya.
25. bnr2 buanyak hikmahnya kjadian ini. kpn2 tar diterusin. nampaknya Pak Anies pun sdh mulai nulis klarifikasinya. Alhamdulillaah dah.
26. sampe sini, syukuri dulu, hal ini, ga benar. sesuai dugaan, sesaat stlh saya twit, bhw agak2 ga mungkin nih berita tsb.
27. dan alhamdulillaah, trnyata ga bnr. lalu nampaklah kesalahan saya pribadi. insyaaAllah, saya perbaiki u ke depan harinya.
28. tp saya trs melakukan peran ikut mengawasi. hanya skrng dah bertambah sedikit pengalaman, akan tabayyun dulu. ga asal ceplos.
29. sekolah2 msh aman, bila mau menjalankan kegiatan doa dll u membuka&menutup kegiatan bljr mngjr. silahkan. malahan ttp didorong.
30. hanya, bila ada siswa non muslim, atau sebaliknya, jika ada siswa muslim di sana, ksh hak2nya u/ blh tdk ikut. itu saja.
31. sepenuh2nya, ini cara Allah, u banyak hal. ya. trlalu bnyk hal malah . kpd smuanya, saya pribadi minta maaf. sdh bikin heboh.
32. saya sekalian geber ke Pak Anies, bhw saya bs ikut di depan, u/ ikut memberikan sumbangan pemikiran&langkah nyata, u pendidikan.
33. udahan dulu ya.... mksh banyak atas perhatiannya. semoga semuanya bs bljr banyak. trmasuknya, apalagi saya. bljr trs.
34. aaahhh... bnr2 banyak cara yg Allah hidangkan, u/ saya&qt smua, u/ trs bljr. salam hangat buat Indonesia...
35. sy akan ttp ikut negor yg bs sy tegor, & bs sy tegor. baik itu pemerintah, atau siapa aja. sebaliknya, tegor sy jg jika sy slh.
36. stlh ini, ttp aja pemberitaan akan trs bergulir. yah, ini keniscayaan jg. ya trs aja bljr. mati2 ada peristiwa, pasti ada hikmah.
37. saya pribadi insyaaaAllah akan ttp turun&ikut bersuara. sejauh yg saya bisa. sejauh yg saya mampu. doanya ya. salam kalem.
38. oh ya, semuanya ttp hrs bersyukur ya. soal tatib buka tutup ini, ga ada. jika ada, ya bersuara lagi. tp tabayyun dulu, he he he.

39. dan saya senang. ummat Islam msh kompak u urusan beginian. salut. eh eh eh, udah salem jeee... ok. ok. salam ya. salam.

Tidak ada komentar:

Follow Me

Foto Mr. Mung
ttd Mr. Mung

Tutorial Blogger

Pilih Arsip Blog