Info Penting

Tutorial Blogger Terlengkap Sistematis dilengkapi Video Tutorial

T utorial blogger di internet sangat banyak pilihannya, anda bisa memilih tutorial mana yang akan anda ikuti dan praktikkan supaya anda bi...

Artikel Terbaru

Cara Membuat Soal Online dengan iSpring Quizmaker dan Integrasikan ke Blog Guru

26 Okt 2017 - - 6

Cara Membuat Soal Online dengan iSpring QuizMaker sebagai solusi membuat soal interaktif, keren, dan powerfull. Kenapa saya katakan power full? tentunya karena aplikasi ini boleh dikatakan lengkap dari sisi fitur untuk membuat soal-soal, disamping itu saat ini sudah mendukung tampilan mobile, sehingga soal-soal yang telah kita buat tetap bisa dibuka dari berbagai jenis device, tidak terbatas pada komputer desktop atau laptop saja, melainkan bisa dibuka juga di smartphone.

Teknologi HTML5 yang ada pada aplikasi iSpring QuizMaker ini sangat membantu sekali, sehingga siswa maupun guru yang awalnya hanya bisa membuka soal online di komputer, sekarang sudah bisa membukanya di tablet, smartphone, dengan membuat soal online dengan iSpring QuizMaker ini anda bisa padukan dengan aplikasi android anda, sehingga jadilah sebuah aplikasi pembelajaran berbasis android yang lengkap mulai dari ketersediaan konten pelajaran, koleksi-koleksi soal yang bisa dikerjakan siswa dan laporan hasilnya bisa terkirim ke email anda.

Bagaimana Cara Membuat Soal Online dengan iSpring Quizmaker ini? 


Beberapa hal yang perlu anda siapkan untuk membuat soal online dengan iSpring QuizMaker adalah sebagai berikut:
  1. Download dan install aplikasi iSpring QuizMaker terbaru disini.
    Silahkan anda berkreasi untuk membuat soal-soal sesuai dengan kebutuhan anda, dengan iSpring QuizMaker ini anda bisa membuat soal jenis pilihan ganda, benar/salah, menjodohkan dll.
  2. Setelah soal selesai anda buat, silahkan anda klik tool publish, kemudian anda pilih Mobile (HTML5) dan centang pada opsi Zip output.
  3. Siapkan domain dan hosting untuk menyimpan file soal online (bisa anda dapatkan disini)
  4. Upload melalui CPANEL hosting anda, kemudian Extract file soal online anda.
  5. Selamat soal online sudah bisa diakses dari manapun anda dan siswa anda berada, dengan berbagai device yang digunakan.
Bagaimana jika mau di integrasikan dengan blog Guru? 

Anda cukup menggunakan kode iframe yang ditanam dalam postingan artikel, contohnya seperti ini:

<iframe src="http://quiz.mung.web.id/usbn/" width="100%" height="100%"></iframe>

*) Ganti teks warna biru dengan URL soal pada hosting anda.
Contoh hasil soal online yang dibuat dengan iSpring QuizMaker bisa anda lihat disini:

Contoh integrasi soal dalam blog guru seperti pada postingan ini: 
~> Soal Online USBN TIK SMP 50 Soal Acak

6 komentar

  1. Bagus pak, tapi terlalu berat bagi saya jika belajar mandiri tanpa ada pembimbing. Dibuat pelatihannya pak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayooo.... belum mencoba masa sudah menyerah duluan... ayoo dicoba dulu.

      Hapus
  2. Adakah caranya mr.mung.. untuk upload ke c panel?? Setahu saya utk buka domain berbayar itu mr. Bisa juga kh untuk mnyimpan soal online??

    BalasHapus
  3. maaf pak saya ingin bertanya saya ingin agar ispring quiz yang saya buat terintegrasi dengan google classroom bagaimana caranya apakah upload dulu file ispring ke google drive trus share link dan taruh linknya di google classroom? saya sudah coba begini namun yang muncul malah siswa disruh download filenya bukannya file flashnya yang jalan, siswa pake android kebanyakan mohon masukkannnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soal yang dari ispring dibuat dalam type HTML5, dan file2 soal dalam format HTML5 ini disimpan di hosting sendiri, nanti di google classroom bisa ditautkan link menuju soal: contohnya seperti ini: http://quiz.mung.web.id/soal-uh-tik9smt1/
      syaratnya anda punya domain dan hosting sendiri.
      ---------
      Catatan: sekarang ini file dalam format SWF/ flash sudah mulai ditinggalkan, dan file SWF tidak bisa dibuka di hp secara langsung. termasuk di komputer juga tidka bisa, harus menginstall flash player terlebih dulu. sekarang sudah zamanya pakai HTML5 dan ispring sudah ada fiturnya. selamat mencoba.

      Hapus

Follow Me


Iklan

Tutorial Blogger

Arsip Blog