Info Penting

Tutorial Blogger Terlengkap Sistematis dilengkapi Video Tutorial

T utorial blogger di internet sangat banyak pilihannya, anda bisa memilih tutorial mana yang akan anda ikuti dan praktikkan supaya anda bi...

Artikel Terbaru

Lupa Password Login Website Wordpress, Gunakan Cara Pamungkas ini

27 Agu 2018 - -

Artikel sebelumnya sudah saya bahas tentang bagaimana cara login ke website atau blog yang menggunakan platform wordpress dan platform blogger.com atau blogspot.com. Pada kesempatan ini akan saya bahas mengenai bagaimana cara merubah password website dengan platform wordpress jika langkah-langkah reset password standar sudah dilakukan dan tidak berhasil.

Reset password melalui fitur yang tersedia di website dengan platform wordpress mengharuskan anda memasukan username atau email, masalah baru akan muncul jika username lupa, sering juga ada masalah lain yaitu email yang dijadikan username pada website wordpress ini lupa, atau emailnya mati. Hal ini tentu akan menjadi masalah dan tidak akan berhasil melakukan reset password menggunakan fitur lupa passwordnya wordpress.

Bagaimana solusinya?

Solusi pamungkas yang akan saya jelaskan disini adalah, anda harus bisa login ke cPanel hosting website anda, kemudian login ke phpMyAdmin, dan kita akan merubah secara manual password melalui tabel user database website anda, setelah anda simpan, anda tinggal login seperti biasa dan mengganti password yang lain di halaman admin website wordpress anda. Berikut langkah-langkahnya:

Cara #1


  1. Login ke cPanel hosting anda, biasanya anda cukup menambahkan kata cpanel dibelakang web anda, contoh: https://www.mung.web.id/cpanel , kemudian anda masukan username dan password cPanel hosting anda.
  2. Setelah login, silahkan anda scroll kebawah cari dan klik phpMyAdmin
  3. Buka database website anda, kemudian cari dan klik tabel users
  4. Pada fild user_pass dobel klik dan ganti dengan password sakti di bawah ini:
    $P$Ba9SvDjFK5BJs0nSKd2nFntH8p.YhH/


    kemudian tekan enter untuk menyimpan perubahan
  5. Keluar dari phpMyAdmin dan silahkan anda login seperti biasa ke website wordpress anda contoh: https://www.domainanda.com/wp-admin dengan menggunakan password:
    mrmungcomOK

    Jangan lupa setelah berhasil login, segera ganti password anda.


Cara #2

Seperti pada langkah 1 s.d langkah ke 3 pada Cara #1 di atas, bedanya ada di langkah ke 4, yaitu anda klik Edit, seperti gambar berikut:
kemudian pada fild user_pass anda rubah kolom funtion menjadi MD5, kemudian pada kolom Value, silahkan anda tuliskan password baru anda, perhatikan gambar di bawah ini
Selanjutnya anda klik tombol Go.


Penjelasan: Pada cara #1 perubahan password sudah saya enkripsi terlebih dahulu, sedangkan pada cara #2 proses enkripsi dilakukan otomatis setelah anda memilih kolom function dengan MD5, jadi anda tulis password seperti biasa, dan setelah anda simpan, maka password akan terenkripsi.

Demikian cara pamungkas jika anda lupa password login website wordpress anda. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Follow Me


Iklan

Tutorial Blogger

Arsip Blog