Info Penting

Aplikasi Yasin dan Tahlil No 1 di Google dan Playstore

A plikasi Yasin dan Tahlil terbaik nomor 1 di Google dan Playstore kaya akan fitur dan konten yang bermanfaat untuk amalan sehari-hari u...

Info Penting

Artikel Terbaru

Pertanyaan dan Jawaban untuk Pendataang Baru di Dunia Blogging

17 Agu 2018 - -

Memiliki blog yang keren dan elegan saat ini tidak butuh waktu lama, mulai dari membuat email, membuat blog, mencari template blogger keren gratis atau template blogger premium murah, memasang template di blog, dan dengan waktu singkat blog Anda-pun akan berubah dengan tampilan yang mantab sesuai selera anda tentunya. (untuk belajar blogging, saya sudah membuatkan tutorial lengkap mulai dari tingkat dasar sampai tingkat lanjut di blog ini, tinggal kemauan anda mau belajar sendiri membaca panduan dan mempraktikanya, InsyaAllah blog keren akan anda miliki).

Bagi anda pendatang baru di dunia blogging atau jika boleh saya katakan sebagai newbie (pemula) dalam dunia blogging kadang akan menemui berbagai istilah-istilah dalam dunia blogging yang belum bisa dipahami, dan muncul berbagai pertanyaan-pertanyaan yang tentunya butuh jawaban supaya bisa semakin mantab melangkah dalam mengelola blog barunya.

Pada posting ini saya sajikan kumpulkan pertanyaan-pertanyaan dan jawaban-jawaban berdasarkan pengalaman pribadi dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan klien-klien MungBisnis.com, semoga jawaban yang saya tuliskan di postingan mudah dipahami.

Berikut Pertanyaan dan Jawaban untuk Pendataang Baru di Dunia Blogging


Apa pengertian blog?

Blog kependekan dari weblog, merupakan bentuk aplikasi web yang berisi tulisan-tulisan (posting) yang biasanya akan diurutkan terbalik, postingan terbaru akan ada di atas sendiri, dan postingan yang lama akan ada di bawahnya, pemilik blog cenderung aktif dengan para pengunjung blognya dan biasanya menggunakan bahasa tulisan yang santai tidak terlalu formal.

Bagaiman cara membuat blog gratisan?

Untuk mulai membuat blog gratisan, buatlah email gmail terlebih dahulu, selanjutnya baca dan ikuti tutorial cara membuat blog di blogger.

Apakah boleh membuat banyak blog dalam satu email?

Anda boleh membuat banyak blog dalam satu email, namun di blogger.com ada batasanya.

Berapa banyak blog dalam satu email?

Satu akun google (gmail) bisa digunakan untuk membuat sampai 100 blog.  Tapi apa Anda mampu mengelolanya? satu blog kalau bisa istiqomah atau mengelola secara kontinyu maka itu jauh lebih baik, dibanding banyak blog tapi jarang update.

Kenapa blog saya tidak bisa ditemukan di google?

Blog yang baru dibuat tidak bisa langsung ditemukan di google, semua butuh proses, yaitu setelah robotnya google merayapi blog anda, kemudian mengindexnya. Cara awal mengecek blog anda sudah terindex di google atau belum: ketik di google site:bloganda.blogspot.com

Bagaimana cara supaya blog bisa dicari di google?

Undang robot google merayapi blog anda, anda bisa mempercepat pengindexan google dengan menggunakan layanan google webmaster, anda bisa baca panduan google webmaster dan cara cepat blog terindex di google.

Berapa lama blog bisa terindex di google?

Tergantung robotnya google, kadang beberapa detik setelah submit di google webmaster langsung terindex, kadang butuh waktu beberapa menit atau beberapa jam.

Kenapa blog saya tidak ada di halaman pertama pencarian google?

Banyak faktor blog tidak ada di halaman pertama pencarian google, mulai dari terindex atau tidaknya blog di google, kwalitas konten blog anda yang tidak disukai mesin pencari google, kata kunci sudah dipegang web-web besar dan terlalu banyak persaingan, blog baru dibuat dan belum mulai diisi dengan konten yang unik dan menarik mesin pencari google, dan tentunya banyak lagi faktor-faktor yang mempengaruhi sebuah blog di mesin pencari google.

Apa yang dimaksud dengan domain??

Domain adalah nama situs yang unik di internet, unik berarti hanya anda yang memiliki nama situs tersebut. Contohnya: mungbisnis.com , mung.web.id, smpn1klw.sch.id dll. JADI domain adalah identitas anda di internet. Domain ada yang gratis dan ada juga yang berbayar.

Apakah ada domain gratis?

Tentu ada, anda bisa mendapatkannya melalui salah satu website penyedia domain gratis, contohnya freenom.com

Apakah domain harus bayar tahunan?

Untuk domain premium berbayar, anda wajib membayar perpanjangan tiap tahunnya. Jika tidak dibayar, maka blog anda akan non aktif, tidak bisa diakses.

Apa itu blogspot custom domain?

Blogspot custom domain merupakan merubah alamat blog dari yang awalnya menggunakan sub domain blogspot.com menjadi nama domain sendiri, contohnya: alamat blog mrmung.blogspot.com di custom domain menjadi  mrmung.com.

Apa keuntungan menggunakan blogspot custom domain?

Keuntunganya nama blog akan tampil lebih keren, lebih profesional dan keliatan lebih serius mengelola blog. Anda tidak perlu memikirkan sewa hosting, cukup membayar perpanjangan domain saja tiap tahunnya. Hosting penyimpanan data blog disediakan gratis tidak perlu khawatir kehabisan space penyimapan dan kehabisan bandwith, dari sisi keamanan jauh lebih aman, karena hacker jahat akan berhadapan dengan sistem keamanan google langsung.

Apa yang dimaksud dengan Hosting?

Hosting bisa di artikan sebagai tempat untuk menyimpan file web kita di internet.

Apa dampaknya jika tidak melakukan perpanjangan domain/ hosting?

Jika Anda tidak melakukan perpanjangan domain dan hosting, maka blog anda tidak bisa di akses kembali.

Apa ada waktu/ masa tenggang untuk perpanjangan domain?

Jika masa aktif domain anda habis maka domain anda akan masuk masa tenggang, pada periode ini Anda masih bisa memperpanjang domain dengan harga normal sekitar 40 hari, halaman web anda akan diganti dengan halaman iklan. Jika tidak diperpanjang juga maka akan masuk Masa Penebusan Periode ini berlangsung selama 30 hari. Biaya untuk menebus domain tersebut 10x lipat harga normal. Jika tidak ditebus juga maka domain anda akan masuk masa penghapusan dari sistem dan siap dilepas lagi di internet, siapapun bisa memiliki domain itu. Siapa cepat dia dapat.

Jika mau memperpanjang domain atau hosting, kemana dan bagaimana pembayaranya?

Untuk pembayaran perpanjangan domain, anda tinggal mentransfer ke rekening sesuai tagihan dari penyedia domain dan hosting dimana anda membelinya.


Informasi
Bagi yang tidak ada waktu dan tidak mau repot cara membuat dan mengedit blog, serahkan saja kepada Mung Bisnis | Jasa Pembuatan Blog Elegant, Keren dan Murah.

Tidak ada komentar:

Follow Me

Foto Mr. Mung
ttd Mr. Mung

Tutorial Blogger

Pilih Arsip Blog