Info Penting

Aplikasi Yasin dan Tahlil No 1 di Google dan Playstore

A plikasi Yasin dan Tahlil terbaik nomor 1 di Google dan Playstore kaya akan fitur dan konten yang bermanfaat untuk amalan sehari-hari u...

Info Penting

Artikel Terbaru

Mapel Informatika Pengganti TIK dijatah 2 Jam Pelajaran Perminggu

2 Sep 2018 - - 7

Guru mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi akhirnya bisa kembali masuk kelas setelah 5 (lima) tahun bingung dengan statusnya. Pemerintah memutuskan menghadirkan kembali mapel TIK tapi dengan konsep dan nama baru yaitu INFORMATIKA.

Rencananya mapel Informatika ini akan diterapkan untuk jenjang SMP dan SMA sederajat mulai tahun ajaran baru 2019/2020.

Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan (PUSKURBUK) Kemendikbud Awaluddin Tjalla menjelaskan, di jenjang SMP Informatika 2 jam pelajaran per minggu sedangkan di jenjang SMA Informatika masuk kategori mata pelajaran pilihan dengan porsi 2 sampai dengan 3 jam pelajaran perminggu.

Ada sejumlah tantangan dalam penerapan mapel informatika di antaranya adalah Jumlah guru yang hanya sekitar 40.000 orang, dari jumlah itu guru Informatika yang bersertifikasi serta linier jalur kuliahnya hanya sekitar 20.000 orang, itu artinya baru separohnya saja, di satu sisi belum ada penambahan guru CPNS baru untuk mengisi mata pelajaran Informatika nantinya.

Saat ini Kemendikbud masih menyiapkan dokumen implementasi mata pelajaran Informatika yaitu berupa kompetensi dasar mapel Informatika yang masih yang terus dikaji, divalidasi dan diuji coba. namun masih belum diputuskan Apakah mapel Informatika ini akan langsung diterapkan secara menyeluruh atau dilaksanakan secara bertahap.

Masih banyak yang harus dipertimbangkan pemerintah sebagai pengambil kebijakan, antara segera mengeluarkan permendikbud tentang penerapan mapel Informatika, dan nasib BTIK, bisa muncul beberapa kemungkinan dihapusnya permendikbud no 45 tentang BTIK dan menggantinya langsung dengan mapel informatika, atau membiarkan pelaksanaan BTIK dan menjadikan mapel Informatika sebagai mapel pilihan.

Harapannya dengan lahirnya mata pelajaran Informatika ini para siswa tidak lagi belajar cara menggunakan komputer seperti pada saat mata pelajaran masih bernama TIK, namun para siswa harus bisa memecahkan masalah berpikir kritis berinovasi serta membangun jiwa kolaborasi Untuk memanfaatkan teknologi.

Untuk kepastiannya tentu saja mari kita tunggu permendikbud tentang mata pelajaran (mapel) Informatika diberlakukan.

7 komentar

  1. Tapi kenyataannya, jangankan berpikir praktis untuk memecahkan masalah, menggunakan komputer saja masih tidak bisa....itu disekolah pinggiran....

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama bu, siswa di sekolah saya termasuk yg berasal dari sekolah dasar yg blm dikenalkan komputer, dan dirumahpun tidak pnya komputer, jadi melihat dan pegang mouse ya saat di sekolah saja. akibatnya siswa masih sangat awam soal komputer, harus dari dasar mulai menyalakan, menggunakan mouse, mengetik. kebiasaan mengetik di hp pakai 2 jari, mengetik pakai komputer ya cukup 2 jari atau 11 jari. :D

      Hapus
  2. belum ada pedoman implementasi mapel informatika diweb litbang kemdikbub ya pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Implementasi informatika berdasarkan surat edaran dari kementerian. https://www.mrmung.com/2019/06/surat-edaran-no-5901dkr2019-tentang-pelaksanaan-informatika.html

      Hapus
  3. Kenyataan sekolah lebih mengutamakan memberikan lintas minat untuk mapel lain walaupun guru untuk mapel informatka ada.

    BalasHapus
  4. Apa solusinya untuk guru sma yang kriteria informatika sudah terpenuhi ingin mengajar mapel informatika , tapi sekolah lebih memilih mapel lain untuk lintas minat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sampaikan ke kepala sekolah, kemampuan anda mengajar mapel informatika, dan target yg akan dicapai oleh siswa dg mapel informatika. Jika tertarik, dan lebih baik mestinya kepala sekolah akan mempertimbangkannya.

      Hapus

Follow Me

Foto Mr. Mung
ttd Mr. Mung

Tutorial Blogger

Pilih Arsip Blog