Info Penting

Aplikasi Yasin dan Tahlil No 1 di Google dan Playstore

A plikasi Yasin dan Tahlil terbaik nomor 1 di Google dan Playstore kaya akan fitur dan konten yang bermanfaat untuk amalan sehari-hari u...

Info Penting

Artikel Terbaru

Membuat Soal Online dengan Google Drive Menjadi Pengganti Wondershare dan iSpring Quiz Creator

10 Sep 2018 - - 6

Aplikasi untuk membuat soal dengan berbagai model soal, mulai pilihan ganda, menjodohkan, isian singkat, dll, cukup banyak tersedia baik yang gratis maupun yang berbayar, namun yang saya kenal dan saya pakai adalah aplikasi wondershare quiz creator dan iSpring Quiz Creator, dua aplikasi ini cukup lama saya gunakan untuk membuat soal-soal yang kemudian saya upload di internet supaya menjadi model soal online.

Wondershare QuizCreator

Sekitar tahun 2013 saya mendapatkan lisensi resmi dari perusahaan pengembang aplikasi wondershare quiz creator, pada waktu itu saya kirim email ke perusahaan pengembang aplikasi menawarkan diri untuk mereview aplikasi di blog, kemudian saya minta diberi lisensi resmi, dan ternyata dikabulkan dan sayapun mendapatkan lisensi resmi tanpa harus membelinya senilai $458.95 untuk Multi-User Personal License (2-5 PCs), dan $169.95 untuk Single-User Personal License, cukup mahal kan? makanya saya cari yang gratisan tapi tetap resmi bukan bajakan.


Bahagianya saya mendapatkan lisensi resmi tanpa harus beli, jadi saya benar-benar memanfaatkan untuk pembelajaran, saya membuat postingan beruntun, cukup banyak artikel yang membahas tentang wondershare quiz creator ini, diantaranya postingan: Mudahnya Membuat Soal Online Menggunakan Wondershare Quiz Creator, saya juga membuat ebook panduan lengkap yang bisa Anda download dipostingan Download Ebook Tutorial Pembuatan Soal Online.

Saya memakai aplikasi ini cukup lama, sempat menggunakan fitur rekap hasil pekerjaan siswa yang menggunakan file .dat yang terlampir di email otomatis hasil pekerjaan siswa (baca: Cara Mudah Rekap Nilai Wondershare Quiz Creator), namun sayang sekali file .dat yang cukup membantu proses rekap nilai ini ternyata tidak bertahan lama, dan beberapa bulan berikutnya sudah tidak bisa digunakan, terakhir saya menghubungi pihak pengembang wondershare terkait masalah file .dat yang bermasalah jawabanya seperti ini:
========================
07 by 许萍萍 2013-09-05 18:42:58
Dear Amin,
Thanks for your patience and understanding.
We know our program is not perfect, but we are keeping on making great efforts to enhance our program’s quality and continue to release new versions to advance our program’s performance. Many thanks for your kind understanding. If you have any other queries or suggestions about our products, please also feel free to let us know. We are always here at your service.
Have a nice day.
Best Regards
Amy
Support Team
Wondershare Software
http://support.wondershare.com#10251
========================
09 by 许萍萍 2013-10-05 17:07:40
Dear Amin,
Glad to hear from you again.
For the present, I'm sorry we can't provide the positive date for you. Once there is any updates, the program will remind you automatically, and it is free. I will keep you posted.
Best Regards
Amy
Support Team
Wondershare Software
======================
Kemudian sekitar bulan juli 2015 saya mendapatkan update balasan email dari pihak pengembang aplikasi wondershare quiz creator isinya bisa anda baca di bawah ini:

Dear Customer,
Your ticket in the Wondershare Support Center has been updated. The record of your ticket is as below:
===========================================================
Dear Amin,

Sorry for the inconvenience. I am afraid that this is caused by some exceptions happened or some compatibility issue as the software is old and was discontinued for several years.
By the way, when you receive the result by email, it will show you the details on the email.

Currently we don't have another solution for this. I will send your feedback to our support team. If we have another better solution, we will inform you .

Thanks for your kind understanding.

Jeremy
Support Team
Wondershare Software
Memang aplikasi wondershare quiz creator ini lama sekali tidak update, sepertinya memang sudah dihentikan oleh pihak pengembang aplikasi walaupun sekarang masih ada dan masih dijual, tapi itu aplikasi updatenya beberapa tahun yang lalu, dan tidak ada perubahan yang bisa mendukung teknologi-teknologi terbaru, seperti tidak supportnya dengan teknologi mobile, atau output dari wondershare quiz creator ini tidak bisa dibuka saat menggunakan hp android, karena outputnya dalam format SWF (flash), sampai sekarang koleksi-koleksi soal yang dibuat dengan aplikasi ini masih tersimpan dan bisa diakses secara online di blog mrmung.com.

iSpring QuizMaker

Munculnya masalah tidak supportnya wondershare quiz creator di perangkat mobile, akhirnya mencoba aplikasi lain, yaitu iSpring QuizMaker, dengan cara yang sama saya juga berkirim email keperusahaan dengan menawarkan diri akan mereview aplikasi di blog saya, dan akhirnya di email mendapatkan balasan seperti berikut:

Thank you for your message.
My supervisor aprovved iSpring QuizMaker license for you for one year. Here is your license key: SENSOR-SENSOR-SENSOR-SENSOR-SENSOR-SENSOR-SENSOR
You are more than welcome to add our Bran-d Assets to add some information about iSpring to your website: http://www.ispringsolutions.com/company/logos-and-artwork.html.
Should you have any questions, please, feel free to contact me. I will be glad to provide you with further assistance.
Setelah kenalan dengan aplikasi ini, akhirnya saya bahas juga di postingan ini: Cara Membuat Soal Online dengan iSpring Quizmaker, aplikasi ini lebih canggih karena sudah support perangkat mobile, yaitu sudah mendukung output soal dalam format HTML5, sehingga bisa dibuka di hp, dengan aplikasi ini pula saya padukan dengan aplikasi android pembelajaran TIK yang sudah saya upload di playstore dengan nama TIK SMP Kelas 9:

Koleksi-koleksi soal online yang sudah pernah saya buat menggunakan aplikasi ini saya abadikan di blog ini dan sub domain blog ini di: https://soal.mrmung.com/, masalah terkait penggunaan aplikasi ini ada di penyimpanan file-file HTML5 hasil dari pembuatan soal dengan iSpring QuicCreator yang mengharusnya disimpan dalam hosting, cari hosting yang gratis sebenarnya ada, tapi fitur dan spesifikasi servernya tentu minimalis, akhirnya sewa hosting sendiri, ini juga muncul masalah baru saat file soal online diakses puluhan ribu orang dalam waktu bersamaan atau perhari, ini akan berakibat pada kemampuan server dalam menangani permintaan pengguna, lagi-lagi masalah anggaran pengadaan server yang kuat menjadi kendala tersendiri, dan akhirnya saya biarkan saja apa adanya, yaitu menggunakan hosting biasa yang jika diakses ribuan orang dalam waktu bersamaan, soal akan sangat berat untuk diakses.

Google Drive - Google Formulir 

Google formulir pada awalnya belum difungsikan untuk soal online, karena memang belum ada fitur kuis pada google formulir ini, namun pada waktu itu saya akali dengan membuat rumus manual untuk menghitung skor saat menggunakan google formulir dalam pembuatan soal online, sampai akhirnya google menambahkan fitur baru berupa kuis, sehingga kita bisa membuat soal pilihan ganda, memberi kunci jawaban dan memberi skor secara otomatis, walaupun belum secanggih aplikasi quiz creator di atas, tapi fitur kuis pada google formulir ini sangat membantu dalam pembuatan soal online, disamping itu laporan hasil pekerjaan siswa juga sangat mudah diakses, karena dalam format spreadsheet dan bisa kita download format XLS (excel)-nya.

Pada aplikasi-aplikasi berbayar di atas bisa mendukung berbagai model soal seperti soal pilihan ganda, isian singkat, menjodohkan, peta, dll, sedangkan di google formulir kita baru bisa membuat soal online pilihan ganda, dalam membuat soal untuk rumus matematika juga kesulitan, dan mengharuskan merubah dulu dalam format JPG, jadi bukan menulis rumus di soal, tapi hanya upload gambar rumus, tentu ini kurang keren, harapanya kedepan google formulir dengan fitur kuis ini akan terus di update dengan kemampuan yang lebih baik, sehingga benar-benar bisa Menjadi Pengganti Wondershare dan iSpring Quiz Creator.

6 komentar

  1. Mas... Saya juga pake wondersharr sampai sekarang. Karena simple Dan mudah. Apakah Ada carA supaya bisa di buka di Android???

    BalasHapus
  2. wondershare outputnya file SWF, file jenis flash (swf) ini sekarang sudah mulai ditinggalkan gantinya dg HTML5, dan yg mendukung HTML5 itu ispring quizcreator.
    contohnya di postingan ini:
    https://www.mrmung.com/2017/12/soal-online-ujian-sekolah-mapel-tik-smp.html

    BalasHapus
  3. maaf pak, kenapa HTML5 tidak bisa dibuka di hp dan laptop

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya bisa tidak ada masalah. silahkan dicoba kembali.

      Hapus
  4. moho ijin bertanya pak, kalo mengambil rekap nilai siswa dari i spring itu bisa tidak ya? apa tetap hanya nilai per user yg masuk email?
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sementara ini sy bisanya mengambil nilai per user yg masuk email, blm bisa/ blm tau cara rekap nilai keseluruhan siswa. Sebenarnya pernah sy tanyakan ke pihak ispring, jika menginginkan integrasi dg LMS tertentu, dari developer ispring mau membuatkan kode programnya, tapi lagi-lagi urusannya dg duit yg gede. :)

      Hapus

Follow Me

Foto Mr. Mung
ttd Mr. Mung

Tutorial Blogger

Pilih Arsip Blog