Info Penting

Tugas Blogging 3 Kelas IX Semester 1 Tahun 2018

K egiatan pembelajaran dengan materi Blogging fokus utamanya adalah bagaimana siswa diharapkan bisa menulis dengan baik di blog yang suda...

Artikel Terbaru

Apa itu Cloudflare? ini Penjelasan Lengkapnya

17 Okt 2018 - -

CloudFlare adalah penyedia layanan Content Delivery Network (CDN) dan juga sebagai penyedia Web Security. Berbagai fitur-fitur canggih dan keren serta gratis dari Cloudflare bisa Anda dapatkan dengan mudah. Menurut beberapa referensi seperti yang tertulis di detik.com, CloudFlare  mengklaim aksesnya lebih cepat dari DNS Google.

Cloudflare ini sebenarnya bisa dikatakan CDN unggulan bila dibandingkan dengan CDN umumnya. Hal ini karena Cloudflare mampu memberikan layanan yang maksimal. Cloudflare sendiri memiliki berbagai macam paket yaitu paket Free ($0/ bulan), Pro ($20/ bulan), Bussiness ($200/ bulan), dan Enterprise (Sesuai kesepakatan).



Apa itu CDN?

Mungkin sebagian dari pembaca ada yang masih asing dengan istilah CDN itu sendiri, CDN adalah suatu sistem yang akan menyediakan konten secara cepat kepada pengguna dan ini ada pada berbagai data center di internet. Konten yang disebarkan melalui CDN ini biasanya berupa konten statis. Jadi, cara kerjanya adalah dengan menyebarkan konten-konten statis web ke beberapa data center yang ada.

Cara Kerja Cloudflare

Pada saat konten statis di-loading dari web (js, gambar, css, video, dan berbagai jenis konten lain) pengguna akan menerima konten secara langsung dari lokasi yang terdekat dengan CDN, bukan lewat server web-nya. Dalam hal inilah letak keunggulan Cloudflare, sebab website Anda dapat ter-loading lebih cepat oleh pengguna di manapun berada, anda seperti memiliki beberapa server yang tersebar di seluruh dunia.

Disitus resminya, Cloudflare menjelaskan bahwa mereka memiliki kapasitas 20 Tbps dan 154 Data Center Global tersebar, khusus di Asia Tenggara terletak di Singapura. CDN sangat disukai oleh para web developer karena dapat menghemat bandwith hingga 50% besarnya. Jadi, website bisa menjadi 2X lebih cepat.

Khusus wilayah Asia, data center Cloudflare ada di negara-negara berikut:

  1. Bangkok, TH
  2. Cebu City, PH
  3. Chennai, IN
  4. Colombo, LK
  5. Hong Kong
  6. Kathmandu, NP
  7. Kuala Lumpur, MY
  8. Macau
  9. Manila, PH
  10. Mumbai, IN
  11. New Delhi, IN
  12. Osaka, JP
  13. Phnom, KH
  14. Seoul, KR
  15. Singapore, SG
  16. Taipei
  17. Tokyo, JP
  18. Ulaanbaatar, MN
  19. Yerevan, AM
Dari daftar negara di atas, ternyata Indonesia belum ada ya?, mungkin suatu saat nanti akan ada juga di Indonesia. :) 

Tidak ada komentar:

Follow Me


Iklan

Tutorial Blogger

Arsip Blog