Info Penting

Tugas Blogging 2 Kelas IX Tahun 2019

S alah satu materi BTIK kelas IX mulai semester 1 tahun 2019 ini sengaja saya kenalkan tentang dunia blog, diawal perkenalan ini bukan dal...

Artikel Terbaru

Cara Membuat LJK Custom Pada Aplikasi ZipGrade

24 Nov 2018 - -

Aplikasi ZipGrade sebagai aplikasi android dan iOS yang bisa digunakan untuk memindai lembar jawab komputer hasil pekerjaan siswa sangat bermanfaat untuk membantu menyelesaikan tugas guru dalam mengoreksi hasil evaluasi peserta didik.

Pada posting sebelumnya sudah saya jelaskan bagaimana cara penggunaan aplikasi ZipGrade ini, anda bisa baca pada postingan tersebut. Pada kesempatan ini  saya akan bahas bagaimana cara membuat Lembar Jawab Komputer sendiri atau LJK ZipGrade custom.

Untuk membuat LJK ZipGrade custom sehingga sesuai keinginan kita, misal penulisan dengan bahasa sendiri, jumlah soal, banyaknya pilihan jawaban, misal A, B, C, D, cara pembuatannya adalah sebagai berikut:
  1. Buka situs www.zipgrade.com klik login dan masukan username dan password anda.
  2. Klik menu Answer Sheets
  3. Pada halaman Answer Sheet ini anda bisa langsung mendownload LJK yang anda butuhkan, namun jika anda menginginkan desain LJK sesuai keinginan anda, silahkan anda klik tombol CUSTOM ANSWER SHEET WIZARD di bawah sendiri.
  4. Pada halaman Custom Answer Sheet, disini merupakan tempat dimana anda nantinya bisa melihat daftar LJK custom yang sudah anda buat. untuk membuat LJK custom baru, silahkan anda klik New Answer Sheet.
  5. Langkah pertama dalam membuat LJK custom adalah tulis nama LJK custom anda, misal disini saya akan membuat LJK custom dengan jumlah soal 20, maka saya beri nama LJK20, selanjutnya anda klik tombol Next.
  6. Pada tahap kedua pada pembuatan LJK custom adalah membuat label yang akan ditampilkan di LJK, seperti Nama, Mata Pelajaran, Kelas, dll, silahkan diatur sesuai kebutuhan, kemudian klik tombol Next. contohnya bisa anda lihat pada gambar berikut:
  7. Tahap selanjutnya adalah menentukan jumlah angka pada Nomor Induk Siswa, contoh disini saya menggunakan NIS dengan jumlah angka 5, dan labelnya saya beri tulisan NIS (silahkan anda sesuaikan dengan NIS di sekolah masing-masing). Untuk opsi include key version section, boleh anda centang, boleh juga anda hapus centangnya, kalau saya biasanya hapus centangnya, supaya tidak muncul di LJK.
  8. Pada tahap ke empat proses pembuatan LJK custom adalah menentukan jenis soal, contoh disini saya memilih Add multiple-choice questions,

    Maka akan tampil seperti pada gambar berikut:

    Siahkan anda atur seperti pada gambar di atas, untuk Question type pilih yang Internal Label, kemudian untuk Number of Questions pilih 20 (karena disini saya akan membuat 20 soal), kemudian untuk Answer Labels saya isi dengan ABCD, defaultnya ABCDE, karena jenjang SMP pilihan ganda hanya sampai D, maka huruf E bisa dihapus, setelah selesai setting, anda klik tombol Add Questions.


    Hasil pada langkah di atas adalah akan tampil LJK custom yang sudah anda buat, dan terakhir anda bisa klik tombol Publish, jika masih ada yang perlu anda rubah, anda bisa klik tombol Back untuk kembali ke tahap sebelumnya.
  9. Anda akan kembali ke halaman Answer Sheet, disini anda bisa langsung download LJK custom yang sudah anda buat, bisa dalam format PDF maupun dalam format gambar type PNG.
Demikian Cara Membuat LJK Custom Pada Aplikasi ZipGrade, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Follow Me


Iklan

Tutorial Blogger

Arsip Blog