Info Penting

Aplikasi Yasin dan Tahlil No 1 di Google dan Playstore

A plikasi Yasin dan Tahlil terbaik nomor 1 di Google dan Playstore kaya akan fitur dan konten yang bermanfaat untuk amalan sehari-hari u...

Info Penting

Artikel Terbaru

Download POS USBN dan UN 2018/2019 Revisi Terbaru

3 Des 2018 - -

Pada posting ini berisi POS USBN dan POS UN Tahun 2018/ 2019 Revisi Terbaru. Dalam POS USBN untuk jenjang SMP/ MTs dan yang sederajat, bahwa mekanisme Penyusunan Soal adalah sebagai berikut:

Peran satuan pendidikan sebagai berikut.

  1. Menerima soal USBN dari pusat (20%-25%) dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota melalui aplikasi.
  2. Mengoordinasi guru-guru dalam penulisan soal USBN sebanyak 75%-80% berdasarkan indikator dari MGMP.
  3. Menugaskan guru mata pelajaran untuk melakukan uji coba dan telaah soal pada forum MGMP.
  4. Mengoordinasi guru-guru dalam perakitan master soal USBN lengkap sesuai ketentuan angka 1 dan angka 2 minimal 2 (dua) paket soal terdiri dari 1 (satu) paket soal utama dan 1 (satu) paket soal susulan. Dalam kondisi tertentu seperti terbatasnya sumberdaya guru dan/atau terbatasnya soal yang berkualitas, perakitan soal dapat dilakukan bersama MGMP

Peran MGMP sebagai berikut.

  1. Menyusun dan menelaah indikator berdasarkan kisi-kisi USBN untuk seluruh mata pelajaran (daftar terlampir).
  2. Menelaah soal USBN yang disusun oleh guru-guru dari satuan pendidikan.

Bagaimana dengan Mata Pelajaran, Jumlah Butir Soal, dan Alokasi Waktunya?, 

  1. Mata pelajaran yang diujikan dalam USBN meliputi seluruh mata pelajaran sesuai dengan kurikulum yang diterapkan masing-masing satuan pendidikan (daftar terlampir).
  2. Daftar mata pelajaran bentuk soal, jumlah soal, dan alokasi waktu diatur sebagai berikut: Pendidikan Agama, PKn, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan Sosial Soal pilihan ganda 40 soal, uraian 5 soal, waktunya 120 menit, sedangkan untuk mata pelajaran Matematika 30 soal pilihan ganda 5 sedangkan IPA 35 soal pilihan ganda, 5 soal uraian.
  3. Untuk mata pelajaran Seni Budaya, PJOK/Penjaskes, Keterampilan/ Teknologi Informasi dan Komunikasi, Prakarya serta Muatan Lokal, jumlah butir soal dan alokasi waktu ujian ditetapkan oleh masing-masing satuan Pendidikan.
  4. Untuk siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusi (tunanetra, tunarungu, tunadaksa, dan tunalaras) waktu USBN dapat ditambah 45 menit. 
  5. Kisi-kisi ujian praktik mata pelajaran lain di luar mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Seni Budaya, Keterampilan/Prakarya, seperti mata pelajaran Agama, IPA, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris sepenuhnya disiapkan oleh satuan pendidikan mengacu pada kompetensi sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
  6. Soal USBN bagi peserta didik penghayat kepercayaan kepada Tuhan YME, kisikisi disiapkan oleh organisasi penghayat kepercayaan kepada Tuhan YME.

Bagaimana dengan Penggandaan Naskah Soal USBN?

Penggandaan naskah soal USBN dilakukan oleh masing-masing satuan pendidikan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota. Khusus untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (K-2006) atau Pendidikan Agama Islam dan Budipekerti (K-2013) dikoordinir oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama.

Jadwal USBN

Jadwal pelaksanaan USBN dan USBN Susulan ditetapkan oleh dinas pendidikan kabupaten/kota/Kantor Kementerian Agama sesuai kewenangannya berdasarkan zona/kluster MGMP. Penetapan jadwal USBN di masing-masing zona/kluster mempertimbangkan beberapa hal berikut.
1. Ketuntasan kurikulum;
2. Kalender akademik di masing-masing satuan pendidikan;
3. Hari libur nasional/keagamaan;
4. Jadwal ujian nasional;
5. Jadwal pengumuman kelulusan; dan
6. Moda pelaksanaan ujian (berbasis kertas/komputer).

Moda Pelaksanaan USBN

USBN dapat dilakukan dengan moda ujian berbasis kertas, ujian berbasis komputer atau kombinasi ujian berbasis komputer dan kertas. Pelaksanaan USBN berbasis komputer mempertimbangkan beberapa hal sebagai berikut.
1. Soal USBN tetap harus meliputi bentuk soal pilihan ganda dan soal uraian;
2. Kesiapan infrastruktur;
3. Kesiapan aplikasi; dan
4. Kesiapan sumber daya.

Pengiriman nilai USBN ke Panitia UN Tingkat Pusat paling lambat seminggu sebelum pengumuman kelulusan dari satuan pendidikan menggunakan aplikasi dari Kemendikbud;

Berikut Tanggal-Tanggal Penting UN 2019

Ujian Nasional SMP/MTs

  1. Sinkronisasi UN SMP/MTs Jumat-Sabtu 19-20 April 2019
  2. UN SMP/MTs Senin-Kamis 22-25 April 2019 UN SMP/MTs Khusus di Provinsi Papua, Papua Barat, dan NTT Selasa-Jumat 23-26 April 2019
  3. Sinkronisasi UN Susulan SMP/MTs Sabtu-Minggu 27-28 April 2019
  4. UN Susulan SMP/MTs Senin-Selasa 29-30 April 2019
  5. Pemindaian UN dan UN Susulan Selasa-Senin 23 April-6 Mei 2019
  6. Pengiriman Hasil Pemindaian Selasa 7 Mei 2019
  7. Skoring Rabu-Jumat 8-24 Mei 2019
  8. Penyerahan Hasil UN ke Provinsi Sabtu 25 Mei 2019
  9. Pengumuman Hasil UN di Satuan Pendidikan Senin-Selasa 27-28 Mei 2019

Untuk lebih lengkapnya silahkan anda download POS USBN dan POS UN di bawah ini:

Tidak ada komentar:

Follow Me

Foto Mr. Mung
ttd Mr. Mung

Tutorial Blogger

Pilih Arsip Blog