Info Penting

Tugas Blogging 2 Kelas IX Tahun 2019

S alah satu materi BTIK kelas IX mulai semester 1 tahun 2019 ini sengaja saya kenalkan tentang dunia blog, diawal perkenalan ini bukan dal...

Artikel Terbaru

Perbedaan, Persamaan dan Manfaat Kategori dan Tag di Blog Wordpress

20 Mar 2019 - -

Dalam memposting tulisan diblog baik itu yang menggunakan engine blogger maupun engine lain seperti CMS Wordpress kita akan menemukan pengaturan kategori tulisan. Sedangkan pada mesin Wordpress kita tidak hanya melihat pengaturan kategori, namun juga ada opsi untuk memasukan tag. Pertanyaanya, sebenarnya apa si persamaan, perbedaan dan manfaat fitur kategori dan tag pada blog Wordpress ini?

Untuk menjawab ini silahkan anda baca penjelasan di bawah ini:

Kategori

Dari namanya saja sebenarnya kita bisa memahami manfaat dari fitur ini, kategori pada blog wordpress berfungsi untuk mengatur postingan artikel dalam kategori tertentu sehingga nantinya akan memudahkan pembaca dalam menjelajahi konten yang tersedia di blog kita.

Dalam cms wordpress ini tersedia juga pengaturan sub kategori selain kategori utama. Sebagai contoh anda mempunyai blog guru yang berisi tentang materi-materi pembelajaran, soal dan pembahasanya, anda menginginkan membaginya dalam beberapa kategori seperti "Materi Pelajaran", "Bank Soal", untuk sub kategori anda bisa mebuat misalkan pada kategori "Materi Pelajaran" sub kategorinya "Materi Pend. Agama", "Materi PKn", "Materi Matematika",dll.

Kategori "Bank Soal" bisa anda buatkan sub kategori: "Ulangan Harian", "Ulangan Tengah Semester","Ujian Nasional", dll.

Dengan cara pengaturan kategori dan sub kategori ini tentu akan memudahkan pengunjung dalam menjelajahi konten-konten yang tersedia di blog anda dengan mudah.

Tag

Sama halnya dengan fitur kategori, Tag ini sebenarnya juga berfungsi untuk memberi kemudahan kepada pengunjung blog kita dalam menjelahi berbagai konten yang tersedia. Sama seperti kategori, satu postingan artikel juga bisa diatur dengan memasukannya dalam beberapa kategori dan memberinya beberapa Tag.

Tag disini berfungsi untuk menandai post menjadi topik-topik tertentu. Topik dalam tag ini sifatnya lebih spesifik terhadap isi dari postingan artikel anda. Sebagai contoh seperti ini: postingan anda letakkan pada kategori "Materi Pend. Agama", contoh tag yang bisa kita gunakan "Agama Islam", "Belajar Islam", "SMP", dll.

Dalam memberi kategori kita tinggal memberi centang pada kategori (jika kategori sudah pernah dibuat), sedangkan jika belum tersedia, anda bisa membuat kategori dengan tambah kategori baru, sedangkan untuk tag cara pengisianya adalah dengan menuliskanya pada kolom pengisian tag, dan memisahkanya dengan tanda komah "," jika anda akan membuat beberapa tag dalam satu postingan artikel.


Demikian Perbedaan, Persamaan dan Manfaat Kategori dan Tag di Blog Wordpress, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Follow Me


Iklan

Tutorial Blogger

Arsip Blog