Info Penting

Tutorial Blogger Terlengkap Sistematis dilengkapi Video Tutorial

T utorial blogger di internet sangat banyak pilihannya, anda bisa memilih tutorial mana yang akan anda ikuti dan praktikkan supaya anda bi...

Artikel Terbaru

Cara Mudah Membuat QR Code alamat Server Soal Online

26 Sep 2019 - -

Mung Media secara resmi mempublikasikan aplikasi terbaru yang diberi nama Mung Exambro pada Tanggal 25 September 2019. Mung Exambro (Exam Browser) merupakan salah satu aplikasi pendidikan yang bisa digunakan Bapak/ Ibu Guru di Indonesia untuk memudahkan pelaksanaan CBT (Computer Based Test), ujian online menggunakan android siswa, dengan aplikasi android ini soal online yang sudah disiapkan Bapak/ Ibu Guru baik menggunakan google formulir, office 365 formulir, aplikasi soal unbk dan aplikasi quiz lain bisa diakses menggunakan aplikasi ini dengan fitur unggulan memproteksi hp siswa dalam mengakses aplikasi lain saat ujian online berlangsung, sehingga bisa meminimalisir kecurangan-kecurangan dalam pelaksanaan CBT.

Pada penggunaan aplikasi Mung Exambro ini, siswa akan diminta untuk memasukan alamat server/ soal online yang sudah Bapak/ Ibu Guru siapkan, atau bisa juga menscan QR Code alamat server/ soal online yang sebelumnya sudah dibuat oleh Bapak/ Ibu Guru.

Pada posting ini akan saya jelaskan Cara Mudah Membuat QR Code alamat Server Soal Online dengan memanfaatkan situs qrcode-monkey.com:

  1. Siapkan link soal online anda (cara membuat soal online dengan google formulir bisa anda pelajari disini), sebagai contoh link soal online yang sudah saya buat di google formulir berikut:
    https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSfVgd3EWFQ0giwKLVRm6n2mZ9zJ-FoHYOpg11YJ4Zg54VQEvw/viewform
  2. Buka situs qrcode-monkey.com 
  3. Klik menu TEXT, paste pada kolom yang tersedia di bawahnya, JANGAN lupa hapus https://, sehingga URL soal online yang akan dijadikan QR Code adalah sebagai berikut:
    docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSfVgd3EWFQ0giwKLVRm6n2mZ9zJ-FoHYOpg11YJ4Zg54VQEvw/viewform

  4. Pada sidebar kanan, anda bisa mengatur dimensi gambar QR Code yang diinginkan, defaultnya 1000px, kemudian klik tombol Create QR Code, setelah gambar QR Code anda dapatkan, silahkan anda download file gambar dengan format PNG atau jenis file lain seperti .SVG, PDF, EPS, sesuai kebutuhan anda. Saya biasanya menggunakan file gambar PNG.
  5. Gambar QR Code yang sudah anda download bisa ditayangkan di proyektor atau di cetak dengan ukuran besar guna ditempel di papan tulis.
Bagi anda yang membuat soal online menggunakan Microsoft Forms - Office 365, tidak perlu menggunakan situs QR Code generator, karena sudah tersedia fitur share with QR Code.


Demikian Cara Mudah Membuat QR Code alamat Server Soal Online, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Follow Me


Iklan

Tutorial Blogger

Arsip Blog