Info Penting

5 Menit Membuat Soal Online, Ujian Online Tanpa “Nyontek” Siap dilaksanakan di Sekolah

S alah satu fitur keren yang ditujukan untuk dunia pendidikan di Google Drive adalah adanya fitur pembuatan kuis yang bisa di setting pada p...

Artikel Terbaru

Cara Edit File PDF Gratis, Sejda PDF Aplikasi Alternatif selain Adobe Acrobat

30 Des 2019 - - 7

File PDF diciptakan dengan proteksi, diantaranya bertujuan agar tidak bisa diedit, format dan tata letak tidak berubah walaupun file dibuka menggunakan perangkat yang berbeda-beda. Namun tetap saja kadang dibutuhkan untuk edit file PDF yang sudah jadi ini, aplikasi yang biasa digunakan untuk mengedit file PDF adalah aplikasi Adobe Acrobat.


Anda pastilah sudah tau tentang aplikasi yang satu ini, Adobe Acrobat merupakan aplikasi populer berbayar yang bisa digunakan untuk mengedit, menghapus, sebagian halaman dan menyimpan kembali dengan file yang baru, sedangkan untuk versi gratis dan biasa kita gunakan adalah versi Adobe Acrobat reader yang fungsinya hanya untuk membuka file PDF.

Adakah aplikasi gratis untuk mengedit file PDF?

Tentu ada dong... salah satunya yang akan saya bahas di artikel ini adalah layanan gratis dan berbayar dari Sejda PDF yang beralamat di sejda.com. Sejda PDF sebuah layanan berbasis offline dan online yang bisa digunakan untuk edit file PDF secara gratis.

Penting! file PDF yang bisa di edit adalah file PDF yang bukan hasil scan/ foto, untuk file PDF jenis ini hanya bisa di edit dengan menambahkan teks, gambar, sedangkan untuk mengedit teks yang sudah ada tidak bisa dilakukan.

Berikut cara penggunaanya:
  1. Buka situs https://www.sejda.com/id/pdf-editor
  2. Upload file PDF yang akan anda edit
  3. Manfaatkan tool bar yang tersedia untuk mengedit teks, menambahkan teks, menambahkan link, menyisipkan gambar dll.

    Sebagai contoh saya akan mengedit teks, maka cukup dengan klik tool Text (seperti gambar di atas), arahkan pada teks file PDF yang akan di edit, kemudian klik, anda akan melihat kursor yang berkedip-kedip menandakan teks sudah siap anda edit, perhatikan gambar berikut:

    Anda bisa menghapus atau mengedit teks yang ada sesuai keinginan, hasilnya seperti gambar di bawah ini:
  4. Setelah selesai anda edit, dan anda rapikan tata letaknya, silahkan anda klik tombol Aplikasikan perubahan, untuk menyimpan hasil edit file PDF yang sudah anda lakukan di sejda PDF ini.

Catatan: Untuk versi gratis pengguna hanya dapat melakukan maksimal tiga PDF per hari dan file tidak boleh lebih besar dari 50 MB atau 200 halaman serta gambar tidak boleh lebih besar dari 5 MB.

Selamat, anda sekarang sudah bisa mengedit file PDF. Semoga bermanfaat.

7 komentar

Follow Me


Iklan

Tutorial Blogger

Arsip Blog