Info Penting

Tutorial Blogger Terlengkap Sistematis dilengkapi Video Tutorial

T utorial blogger di internet sangat banyak pilihannya, anda bisa memilih tutorial mana yang akan anda ikuti dan praktikkan supaya anda bi...

Artikel Terbaru

Remot Komputer Jarak Jauh AnyDesk, Aplikasi Alternatif Selain TeamViewer

29 Des 2019 - - 19

Mungkin selama ini sebagian dari anda, berfikiran jika aplikasi remot komputer jarak jauh terbaik saat ini masih di pegang oleh aplikasi Team Viewer, aplikasi ini sebenarnya menyediakan versi free untuk pengguna personal, dan sayapun sudah lama sekali menggunakan aplikasi ini untuk keperluan remot komputer jarak jauh klien MungBisnis.com saat memandu pengelolaan blog/ web yang baru selesai dibuat. Namun ternyata ada masalah jika penggunaan aplikasi Team Viewer di PC terdeteksi pemakai bisnis, bukan personal dan itu terjadi pada saya, dan akibatnya Team Viewer akan membatasi pemakaiannya dengan membatasi waktu koneksi (remote) ke PC lainnya. Ini benar-benar sangat mengganggu, karena saya harus menunggu beberapa menit baru bisa terkoneksi kembali, itupun hanya sebentar saja, dan akan terputus kembali, begitu seterusnya.

Masalah diatas sebenarnya bisa diatasi dengan cara kita membeli lisensi Team Viewer untuk pengguna bisnis. Sebelum mantap membeli, saya coba mencari alternatif lain yang gratis tapi tidak kalah dengan aplikasi Team Viewer, dan pilihanya setelah mencoba beberapa aplikasi remot komputer jarak jauh, saya cenderung merekomendasikan aplikasi AnyDesk.

Aplikasi AnyDesk ini adalah aplikasi gratis untuk remote komputer jarak jauh, tersedia pada platform Linux, Windows, Mac OS, FreeBSD, iOS atau Android. Pada situs resminya AnyDesk mengklaim bahwa produk ini mampu memampatkan dan mentransfer data gambar antara komputer dengan cara yang tidak dapat dilakukan oleh produk pesaing. Remot komputer jarak jauh lancar, bahkan dengan bandwidth serendah 100 kB / detik. AnyDesk adalah perangkat lunak desktop jarak jauh pilihan untuk daerah-daerah dengan konektivitas internet yang kurang bagus.

Bagaimana cara menggunakanya PC dengan PC?

  1. Download aplikasi AnyDesk ukuran sekitar 3MB [Download] [link Download alternatif]
  2. Setelah proses download selesai, silahkan anda install aplikasi AnyDesk di komputer anda.
  3. Jalankan aplikasi, dan anda akan mendapatkan angka acak disebelah kiri atas yang merupakan alamat komputer anda/ ID komputer.
  4. Untuk mulai meremot komputer anda dari jarak jauh, anda cukup memberikan angka acak (alamat komputer anda) ke orang yang anda inginkan, jika akan mulai diakses, akan ada notifikasi, anda cukup klik tombol terima atau accept a request to enter a session.
  5. Untuk menghentikan proses remot PC jarak jauh, cukup dengan klik tanda silang pada aplikasi AnyDesk.

Bagaimana Cara Menggunakan AnyDesk Android dengan PC?

  1. Setelah PC teman anda terinstall aplikasi anydesk, dan anda sudah mendapatkan alamat komputernya, silahkan download aplikasi android AnyDesk gratis, 
  2. Buka aplikasi AnyDesk di android anda
  3. Masukan ID komputer kedalam kotak yang tersedia, dan klik tanda panah
  4. Klik terima/ accept untuk mulai meremot komputer dari android, sebagai contoh hasilnya seperti gambar berikut:
  5. Anda tinggal menggerakan telunjuk, dan menekan pada pilihan tertentu untuk melakukan aktifitas di PC, seperti klik kiri mouse, mengetik menggunakan keyboard, dll.
  6. Untuk menyelesaikan remot PC jarak jauh, anda tekan silang yang bisa anda lihat saat anda menekan icon AnyDesk warna abu-abu di sebelah kanan layar seperti gambar di bawah ini:

Bagaimana merubah password AnyDesk?

Jika anda menginginkan kebebasan saat mengakses PC tertentu, tanpa harus memerlukan izin secara manual dari pengguna PC, anda bisa memberi password AnyDesk pada PC anda, caranya adalah:
  1. Klik Set Password di bawah ID komputer anda
  2. Beri izin dengan mengklik tombol Yes, 
  3. Tuliskan password anda dan klik tombol Apply.
  4. Selamat, sekarang anda bisa otomatis meremot komputer dari jarak jauh, tanpa harus menunggu persetujuan dari pemilik komputer.

Bagaimana menurut anda? silahkan tuliskan pengalaman anda tentang remot PC di kolom komentar, semoga bisa menambah pengetahuan pembaca yang lain.

Demikian artikel tentang Remot Komputer Jarak Jauh AnyDesk, Aplikasi Alternatif Selain TeamViewer, semoga bermanfaat.

19 komentar

  1. Muantaps... Trima kasih untuk berbaginya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kembali bu, semoga bermanfaat.

      Hapus
  2. Berarti apa yg ada di android bisa dibuka oleh sahabat yg diberikan password nya🙏

    BalasHapus
  3. Harusnya bisa selama sdh diizinkan, sama spt di komputer jg bs remot scr penuh.
    Sy blm nyoba lbh lanjut utk android dg android. Perlu android korban buat uji coba. Hehe...

    BalasHapus
  4. Mantap..
    Terima kasih master, siap dicoba

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah nambah ilmu baru.. makasih master

    BalasHapus
  6. Terima kasih ilmunya, master. Sangat bermanfaat karena biasa pakai TV utk remote PC 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bu, memang yg terkenal TV, ini bs jd alternatif.

      Hapus
  7. Mantap Perlu Dicoba ni..terma kasih Ilmunya Mr.mung.

    BalasHapus
  8. Muantaps...
    Terima kasih ilmunya Master.

    BalasHapus
  9. Mantap Master. Sangat membantu sekali.

    BalasHapus
  10. saya nyoba anydesk android dgn android kok blm bisa ya? klo untuk berbagi layar hp lain bisa tp untuk meremot penuh/ membuka menu dan file dihp lain blm bisa cursor tdk nerfungsi, knp ya? atau memaang blm suport untuk android ke android ya?

    BalasHapus

Follow Me


Iklan

Tutorial Blogger

Arsip Blog