Info Penting

Aplikasi Yasin dan Tahlil No 1 di Google dan Playstore

A plikasi Yasin dan Tahlil terbaik nomor 1 di Google dan Playstore kaya akan fitur dan konten yang bermanfaat untuk amalan sehari-hari u...

Info Penting

Artikel Terbaru

Cara Setting Email Domain Sendiri dengan Zohomail Gratis

27 Mar 2020 - - 1

Memiliki domain sendiri seperti namadomain.com tentu akan membuat lebih percaya diri, lebih pede saat ngeshare artikel yang baru saja dipublikasikan di blog kita. Nah, supaya nama domain yang sudah kita beli dan perpanjang tiap tahun ini tidak hanya dalam bentuk alamat blog, kita bisa juga memanfaatkannya menjadi email domain pribadi, contohnya: admin@domainanda.com.

Melihat email dengan nama domain pribadi ini, tentu akan menambah kredibilitas saat mengirimkan email ke rekan, klien, atau atasan kita, juga akan semakin keren saat nampang di kartu nama kita. Email yang dibuat menggunakan layanan gratis dari gmail, yahoo, ini semua orang bisa membuatnya, namun email domain pribadi yang bisa membuat dan memiliki hanya pemilik domain tersebut, jadi ini akan ada nilai plus tersendiri.

Sampai disini saya yakin anda akan semakin tertarik untuk segera memiliki email dengan domain sendiri ini. Pertanyaanya, cara settingnya bagaimana? menggunakan layanan apa? gratis atau berbayar?

Bagi pemilik domain yang juga menyewa hosting sendiri, membuat email dengan domain pribadi ini sangatlah mudah, bisa unlimited tergantung kapasitas hosting yang disewa, anda bisa baca artikel saya Cara Membuat dan Mengelola Email Domain Sendiri di cPanel Hosting

Bagaimana dengan pemilik domain pribadi yang tidak memiliki atau menyewa hosting sendiri?
Menjawab pertanyaan ini, anda bisa menggunakan situs penyedia email, seperti G-Suite, dengan cukup membayar sewa sekitar 4,2 USD/ bulan /pengguna (kisaran 60rban /bulan /pengguna). Atau bisa juga menggunakan layanan situs zohomail, dimana anda cukup membayar mulai 1 USD / bulan/ pengguna.

Kalau ada yang gratis kenapa harus bayar?

Okelah kalau begitu, pada artikel ini akan saya bahas bagaimana Cara Setting Email Domain Sendiri dengan Zohomail Gratis. Kita akan memanfaatkan layanan gratis yang disediakan zohomail.


Berikut langkah/ cara setting email domain sendiri di zohomail:
  1. Buka situs zohomail.com
  2. Klik menu Pricing - scroll ke bawah dan klik Sign Up Now pada Free Plan
  3. Tuliskan nama domain anda, contoh disini saya menggunakan domain mung.my.id yang bisa dibeli di domain.mungbisnis.com
  4. Silahkan anda isi data diri lengkap, mulai dari nama no hp aktif yang bisa menerima sms, email aktif, kemudian klik tombol hijau Proceed.
  5. Cek SMS yang berisi kode verifikasi dari zohomail, dan segera masukan pada kotak yang tersedia, kemudian klik tombol Verify My Mobile.
  6. Halaman selanjutnya anda akan diminta mensetting keamanan 2 langkah, jika anda membutuhkan, silahkan diaktifkan, pada tutorial ini saya abaikan dengan mengklik link dengan teks Remind me later di pojok kanan bawah.
  7. Selanjutnya anda akan diminta memasukan kode verifikasi di panel domain anda, pilih layanan penyedia domain, jika tidak ada pilihannya silahkan anda pilih Other. Untuk methode verifikasi kepemilikan domain ini anda bisa menggunakan TXT Method, CNAME Method, dan HTML Method, pada tutorial ini saya memilih opsi CNAME Method.
  8. Salin/ copy CNAME di atas, kemudian login di panel domain anda, dan masukan kode CNAME di Manage DNS domain anda, jangan lupa klik tombol Create.

  9. Klik tombol Verfy by CNAME di zohomail setelah menunggu sekitar 10 - 15 menit, jika berhasil terverifikasi akan muncul halaman pembuatan akun yang pertama, seperti gambar di bawah ini:

  10. Langkah selanjutnya anda akan diminta untuk menambahkan pengguna baru (bisa anda skip, bisa tambahkan lain kali), membuat group juga bisa anda skip, dan selanjutnya pada pengaturan configurasi email delivery, anda copy kode Mx Record zohomail dan masukan di panel domain anda, setelah ketiga MX record dimasukan, silahkan anda klik tombol Next.

  11. Berikutnya anda diminta mengaktifkan SPF dan DKIM, berupa TXT record yang dimasukan di panel domain anda. SPF ini berfungsi untuk mencegah pemalsuan alamat pengirim email.
Sampai tahap ini anda sudah selesai mensetting email domain sendiri dengan menggunakan layanan zohomail gratis, selanjutnya bisa anda coba mengirim email untuk uji coba. Demikian, semoga bermanfaat.


Sebagai pendukung dan memperjelas tutorial ini, silahkan anda simak video di bawah ini:

1 komentar

Follow Me

Foto Mr. Mung
ttd Mr. Mung

Tutorial Blogger

Pilih Arsip Blog