Info Penting

Tutorial Blogger Terlengkap Sistematis dilengkapi Video Tutorial

T utorial blogger di internet sangat banyak pilihannya, anda bisa memilih tutorial mana yang akan anda ikuti dan praktikkan supaya anda bi...

Artikel Terbaru

Cara Setting Custom Domain Blogspot dengan Cloudflare Terbaru

9 Nov 2021 - - 1

Custom domain blogspot merupakan salah satu cara untuk menghubungkan blogspot anda dengan domain yang sudah anda miliki, sehingga blog yang tadinya diakses dengan alamat: namablog.blogspot.com akan berubah menjadi namablog.com, namablog.sch.id, dll.

Setting custom domain banyak caranya, mulai dari memanfaatkan settingan DNS (Domain Name System) yang ada di panel domain, atau bisa juga memanfaatkan penyedia DNS gratis seperti cloudflare.com, pada tutorial ini akan saya bahas bagaimana Cara Setting Custom Domain Blogspot dengan Cloudflare.

CloudFlare adalah penyedia layanan Content Delivery Network (CDN) dan juga sebagai penyedia Web Security. Berbagai fitur-fitur canggih dan keren serta gratis dari Cloudflare bisa Anda dapatkan dengan mudah. Menurut beberapa referensi seperti yang tertulis di detik.com, CloudFlare  mengklaim aksesnya lebih cepat dari DNS Google.

Pada tutorial ini saya anggap anda sudah memiliki blog di blogspot.com dan sudah membeli domain.

#1 Mendaftar di Cloudflare

1. Buka situs cloudflare.com dan klik Sign Up

2. Masukan email dan password, kemudian klik tombol Create Account

3. Tuliskan nama domain anda, dan klik tombol Add site

4. Pilih paket gratis (free), kemudian klik tombol Continue

5. Tunggu proses scan settingan DNS domain selesai.
Jika sebelumnya anda pernah melakukan setting DNS di panel domain tempat anda membeli domain, maka semua settingan akan terdeteksi dan bisa langsung tersimpan di cloudflare, jika belum pernah setting, karena domain masih baru, maka bisa dilanjutkan ke tahap selanjutnya.

6. Salin dua baris name server cloudflare untuk dimasukan di panel domain anda.

Jika anda memiliki akses ke panel domain, anda bisa langsung ganti name server pada domain anda, jika anda tidak memiliki akses ke panel domain, anda bisa minta tolong penyedia domain untuk merubah name server dengan name server dari cloudflare.

#2 Setting Custom Domain di Blogspot

Login di akun blogger anda, klik menu setelan - geser ke bawah cari dan klik Domain Kustom,

masukan nama domain id anda lengkap dengan www, contoh: www.mung.id, kemudian klik tombol simpan, akan keluar kode unik yang diberikan blogger untuk memverifikasi kepemilikan nama domain dan menghubungkan domain pribadi dengan blogspot anda, contoh tampilanya seperti gambar berikut:
Pada gambar di atas yang saya beri kotak warna biru, fokus pada teks yang ada dalam kurung (Nama: www, Tujuan: ghs.google.com) dan (Nama: xuesqanzmu3f, Tujuan: gv-qsocgu45d35wot.dv.googlehosted.com) kode inilah yang nantinya akan kita masukkan di cloudflare.

Silahkan buka kembali cloudflare.com, dan Klik DNS – klik Add record – Pilih type CNAME – masukan www dan target ghs.google.com – non aktifkan proxy – klik tombol Save

Lakukan hal yang sama untuk memasukan kode verifikasi blogger selanjutnya. 
Setelah kedua baris kode verifikasi custom domain blogger dimasukan di cloudflare, silahkan anda kembali ke blogger untuk klik tombol SIMPAN settingan custom domain.
Jika belum bisa tersimpan, anda bisa tunggu beberapa menit dan bisa dicoba simpan kembali.

Jika dalam waktu 1 jam masih belum disimpan, anda bisa bersabar tunggu sampai 2 jam, baru anda simpan kembali, namun jika sudah sampai lebih dari 24 jam tidak bisa tersimpan, mungkin ada yang salah pada pengaturan custom domain anda, silahkan dicek kembali.

Dengan cara ini, anda tidak perlu menyewa hosting dan membayar sewa tahunan, tapi anda hanya cukup membeli domain saja, sehingga akan sangat berhemat untuk biaya tahunanya, anda bisa membuat blog sekolah dengan domain resmi .sch.id, membuat blog pribadi, blog universitas, blog perusahaan, dll.

1 komentar

Follow Me


Tutorial Blogger

Arsip Blog