Info Penting

Aplikasi Yasin dan Tahlil No 1 di Google dan Playstore

A plikasi Yasin dan Tahlil terbaik nomor 1 di Google dan Playstore kaya akan fitur dan konten yang bermanfaat untuk amalan sehari-hari u...

Info Penting

Artikel Terbaru

Ingin Mendapatkan Uang dari Blog / Website, Baca ini dulu

18 Agu 2018 - - 30

Sekarang ini banyak orang yang benar-benar menggantungkan hidupnya dari usaha di internet atau sering dikenal dengan bisnis online, mulai dari mengelola blog atau website, mengelola channel youtube, berjualan produk-produk fisik melalui toko online, berjualan jasa dan masih banyak lagi cara-cara mendapatkan penghasilan tambahan dari internet. Salah satu cara yang paling populer adalah dengan menggunakan program PPC (Pay per Click) dari Google Adsense, program PPC ini cukup membuat banyak pemuda di Indonesia menjadi jutawan bahkan tidak sedikit yang menjadi milyarder (baca juga: Bisnis di Internet Susahkah?).

Apabila anda dalam membuat blog selain menyalurkan hobi menulis, juga mempunyai tujuan lain yaitu untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari internet, tentunya akan timbul beberapa pertanyaan:
  • Bagaimana supaya blog kita dikunjungi banyak orang?
  • Bagaimana memilih program yang terbaik untuk menghasilkan uang melalui internet khususnya Blog?
  • Bagaimana dengan desain blog, penempatan iklan supaya penghasilan bisa maksimal?

Dari ketiga pertanyaan yang sering muncul ini, berikut sedikit akan saya paparkan jawaban-jawaban yang menurut saya dan dari pengalaman rekan-rekan blogger penting dan cocok untuk anda praktikan, khususnya anda yang baru akan memonetize blog atau baru terjun ke dunia bisnis online.

#1 Bagaimana supaya blog kita dikunjungi banyak orang?

Memiliki blog yang akan dijadikan sebagai ladang mencari penghasilan dari internet kunci utama adalah visitor (pengunjung) blog. Sebuah blog yang memiliki banyak pengunjung, banyak pelanggan, betah berlama-lama di blog untuk menjelajahi setiap halaman blog, membaca artikel-artikel yang tersedia, jika visitor membludak, hal ini sangat besar peluang anda mendapatkan penghasilan dari internet.

Untuk mendapatkan visitor tetap, pelanggan blog, tidak lepas dari kualitas isi blog/ konten blog. Saya kira siapapun bisa menulis di blog, tetapi membuat tulisan yang berkualitas perlu dipikirkan, mencari data-data pendukung, tidak asal menulis atau copy paste dari blog lain. Isi blog yang menarik akan menyebabkan pengunjung kembali ke blog kita, sebaliknya isi yang kurang menarik akan ditinggalkan.

Setelah memperhatikan kualitas isi blog, selanjutnya yang perlu anda perhatikan adalah SEO (Search Engine Optimization). apa itu SEO? (silahkan anda baca: Istilah-istilah dalam Dunia Blogging yang Perlu Anda Ketahui). Belajar SEO diperlukan untuk membantu blog berada diperingkat yang tertinggi dalam search engine (mesin pencari), seperti Google, Yahoo, Bing, dll. Perlu anda ketahui bahwa sebagian besar pengguna di internet menemukan / berkunjung  ke suatu blog berawal dari mencari informasi dengan kata kunci tertentu di mesin pencari. Oleh karenanya belajar SEO untuk keperluan menempatkan posisi blog di mesin pencari google itu juga penting. Jika anda merasa berat dengan belajar SEO ini, anda bisa menggunakan jasa SEO, namun pekerjaan ini tidaklah mudah jadi akan membutuhkan anggaran yang tidak sedikit.

Terakhir dari pembahasan masalah pertama ini adalah jangan lupakan kekuatan sosial media sebagai lahan untuk promosi tulisan yang sudah kita buat. Setelah membuat tulisan, anda bisa langsung mempromosikan melalui media sosial seperti facebook, twitter, google plus, termasuk juga media chat whatsApp, telegram, line, dll.

#2 Bagaimana memilih program yang terbaik untuk menghasilkan uang melalui internet khususnya Blog?

Jika ditanya tentang pilihan program yang terbaik yang bisa menghasilkan uang dari internet, menurut saya yang pertama adalah program PPC dari Google Adsense. Program PPC (Pay-Per-Click, yang kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya bayar per klik) yang dibuat oleh Google ini sangat populer bahkan saking populernya hampir semua blogger di Dunia akan tau apa itu Google Adsense. Tapi anda yang belum berhasil bergabung dengan program PPC dari Google Adsense ini jangan berkecil hati, karena di Internet tidak hanya Google Adsense. Ada banyak program lain yang bisa kita gunakan untuk menghasilkan uang melalui blog, misalnya program PPC revenuehits.com,  menjadi afiliasi dari penjual produk, jasa di internet atau bisa juga mendapatkan iklan dari sponsor secara langsung.

Baca Cara Mendaftar Google Adsense disini.

#3 Bagaimana dengan desain blog, penempatan iklan supaya penghasilan bisa maksimal?

Setelah memperhatikan kualitas konten, anda juga sudah belajar SEO, untuk lebih meningkatkan banyaknya pengunjung dan juga banyaknya klik iklan yang anda pasang di blog, selanjutnya yang tidak kalah penting untuk anda perhatikan adalah bagaimana mendesain blog supaya membuat pengunjung tetap betah berlama-lama di blog anda, dan juga penempatkan kode iklan pada tempat-tempat yang strategis, tidak mengganggu pengunjung, sehingga harapannya penghasilan akan meningkat.

Perhatikan aturan program penghasil uang yang anda ikuti supaya anda tidak salah langkah yang berakibat fatal pada penghentian kerjasama antara anda sebagai publisher dan perusahaan penyedia iklan, tentu hal ini sangat tidak diinginkan bukan? oleh karenanya tetap perhatikan aturan main, jalankan secara bersih dan InsyaAllah penghasilan andapun akan bersih dan berkah. aamiin....

Silahkan tuliskan pengalaman anda di kolom komentar, mungkin akan ada pembaca lain yang akan mengambil manfaat dari informasi yang anda sampaikan.

30 komentar

  1. Blog FISIKA EKA Ku Suka ( www.tariganabdieka.gq)
    Masih ke arah Pendidikan,
    Belum di arah kan ke Bisnis....

    Lain waktu & kesempatan bisa di coba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yesss... tetap semangat pak Abdi, pak Abdi Eka itu tampak sekali bisa tekun menulis dan update di blog, jika dimaksimalkan monetize blognya, saya yakin kedepan akan lebih baik.

      Hapus
  2. Masih taraf belajar. Belum bisa mr. Mung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap semangat! yang penting mau belajar, bisa karena terbiasa. lanjutkan!

      Hapus
  3. Boleh juga nih.... sepertinya saya berminat he.he (kepedean)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe.... berminat bisa diwujudkan dengan mulai Action sekarang juga, bikin blog dan mulailah menulis di blog.

      Hapus
  4. Jika ingin membuat website pribadi gimana ya mr. Mung? (URL)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika mau buat sendiri, tutorial lengkap bisa diikuti di tautan berikut: https://www.mrmung.com/p/tutorial.html

      namun jika mau yg siap pakai saja, ya pakai jasa www.MungBisnis.com :)

      Hapus
  5. Perlu waktu dan ketekunan serta kesabaran untuk memcoba dan mencoba.
    Thanks a lot @mrmung

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetap semangat! tidak ada yang instan, semuga memang butuh proses.

      Hapus
  6. Balasan
    1. bisa, anda bisa menambahkan email lain di menu setting - access and authorization - user management

      Hapus
  7. Boleh juga, tapi belum paham cara blog bisnis lengkap dengan iklanx

    BalasHapus
  8. siap belajar dan belajar Master

    BalasHapus
  9. luar biasa master,,, ingin juga seperti master...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap semangat belajar dan bisa istiqomah.

      Hapus
  10. Nah itu dia persoalannya kembali lagi ke pertanyaan bagaimana supaya blog saya menarik perhatian banyak orang ?? Heeeeeemmm....bisa ga yaach...spertinya harus belajar jadi penulis yang penuh ide juga nih
    ........

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap semangat, membiasakan menulis setiap hari di blog akan mengasah kualitas tulisan kita. ayoo ACTION!

      Hapus
  11. mantap...blognya master.
    kapan ya...?
    blog saya seperti blognya master...
    bertapa dulu sekejap... untuk cari ilham. heheheheh

    BalasHapus
  12. Pengen belajar mr. Bagaimana caranya ya

    BalasHapus
  13. sangat bermanfaat, mohon bimbingannya terus pa

    BalasHapus
  14. Terima kasih bimbingannya mr.mung. Alhamdulillah jaza kaullahu khoiro

    BalasHapus

Follow Me

Foto Mr. Mung
ttd Mr. Mung

Tutorial Blogger

Pilih Arsip Blog