Info Penting

Tutorial Blogger Terlengkap Sistematis dilengkapi Video Tutorial

T utorial blogger di internet sangat banyak pilihannya, anda bisa memilih tutorial mana yang akan anda ikuti dan praktikkan supaya anda bi...

Artikel Terbaru

Login cPanel Website Wordpress self Hosting

28 Agt 2018 - -

Login cPanel website diperlukan untuk mengelola file-file website, mengelola email, mengelola database, memantau statistik penggunaan server mulai dari penggunaan CPU server, RAM server, dll. Sebagian dari anda mungkin ada yang bertanya cPanel itu apa si? cPanel adalah web hosting control panel yang berfungsi memudahkan pemilik account hosting untuk mengatur seluruh fasilitas web hosting yang dimilikinya.



Jika anda sudah login di cPanel hosting anda, anda diberi hak penuh, bebas untuk konfigurasi, setting, install-install software yang tersedia di cPanel hosting yang anda sewa, software yang maksudkan adalah berbagai aplikasi berbasis web, berbagai macam CMS, yang bisa anda install dengan mudah hanya bermodal klik-klik saja, maka aplikasi berbasis web atau website keren bisa anda miliki.

Bagi yang belum memahami tentang istilah-istilah dalam dunia blogging, seperti domain, hosting, cPanel silahkan dibaca artikel: Istilah-istilah dalam Dunia Blogging yang Perlu Anda Ketahui.

Sebagai contoh pada posting kali ini adalah bagaimana cara login ke cPanel yang didalamnya sudah terinstall website dengan platform wordpress. Sebelumnya sudah saya jelaskan bagaimana cara login website yang menggunakan platform wordpress dan juga saya jelaskan bagaimana jika lupa passwordnya dan cara pamungkas mengatasi masalah lupa password login website, sebenarnya tidak ada perubahan sama sekali ketika anda sukses menginstall aplikasi berbasis web misal berupa website dengan platform wordpress, anda tetap bisa login ke cPanel hosting anda dengan menggunakan URL seperti yang anda dapatkan dari pihak hosting yang anda sewa, misal berupa IP server, https://198.252.111.10:2083/. Halaman cPanel hosting bisa juga anda akses menggunakan nama domain anda yang diberi tambahan cPanel dibelakangnya atau didepanya, tentu dengan catatan name server domain anda sudah anda arahkan ke name server hosting yang anda sewa. Sebagai contoh: https://cpanel.mungmedia.com/ atau jika ditaruh dibelakang menjadi https://mungmedia.com/cpanel/. Jika berhasil terbuka, maka tampilan awal sebelum anda login ke cPanel seperti pada gambar berikut:

Bagaimana jika login cPanel hosting bermasalah?

Masalah login cPanel hosting biasanya berupa lupa username atau password, anda bisa meminta bantuan kepihak perusahaan hosting yang anda sewa untuk mengirimkan kembali username dan password login cPanel, atau jika anda bisa login ke member area, anda bisa langsung melihat username dan bisa mengganti password cPanel hosting melalui member area. Jadi masalah login cPanel bisa teratasi dengan mudah.

INGAT! Jangan lupa selalu diperpanjang sewa hostingnya ya supaya tidak kena suspend dan akhirnya kena terminate oleh perusahaan hosting, akibatnya semua file website anda akan hilang.

Demikian  artikel seputar Login cPanel hosting yang sudah terinstall Website dengan platform Wordpress. Semoga Bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Follow Me


Iklan

Tutorial Blogger

Arsip Blog