Info Penting

Tutorial Blogger Terlengkap Sistematis dilengkapi Video Tutorial

T utorial blogger di internet sangat banyak pilihannya, anda bisa memilih tutorial mana yang akan anda ikuti dan praktikkan supaya anda bi...

Artikel Terbaru

Cara Menggunakan Email Domain Pribadi, Cara Login, Mengirim, dan Mengatasi Lupa Password Email

2 Okt 2018 - -

Pada posting sebelumnya sudah saya bahas mengenai proses pembuatan, manfaat, dan kasus-kasus yang sering terjadi sehingga bisa teratasi dengan memiliki email domain pribadi, bagi Anda yang belum membaca silahkan anda kunjungi judul artikel ini: Cara Cepat Membuat Email Domain Pribadi Gratis di Panel Domain,

Email pribadi sudah selesai dibuat, selanjutnya bagaimana cara menggunakan email domain pribadi ini, dimana harus login/ masuk ke email ini, apakah cara mengirim dan mengecek email sama seperti pada layanan email pada umumnya? sederetan pertanyaan diatas tentu wajar akan muncul ketika baru pertama kali menggunakan email dengan domain pribadi.

Setelah Anda sukses membuat email, sebenarnya sudah sangat jelas informasi yang ditampilkan, yaitu contohnya seperti berikut:
Account Information
Email Address: admin@mrmung.com
Password: Un(hq-aZ00
Profile: Free
Settings to configure Outlook, Thunderbird or any email client
POP Server: pop.mrmung.com
IMAP Server: imap.mrmung.com
SMTP Server: smtp.mrmung.com

Webmail URL
http://webmail.mrmung.com
Dari informasi yang ditampilkan di atas, untuk login ke email domain pribadi anda gunakan Webmail URL: http://webmail.domainanda.com, halaman tampilan login webmail URL ini seperti pada gambar berikut:


Setelah anda masukan username dan password, anda akan masuk ke halaman pengelolaan email, dihalaman ini anda bisa langsung mengecek email yang masuk, dan juga bisa mengirim email keluar, seperti pada layanan email pada umumnya.

Cara Mengirim Email

Contoh jika saya akan mengirim email, maka saya klik tombol Compose, maka akan tampil seperti gambar berikut:

Pada gambar di atas, anda juga bisa melihat kapasitas penyimpanan email domain pribadi anda ini, untuk versi gratis ini, anda diberi ruang penyimpanan maksimal 100MB, jika anda berminat untuk upgrade ke versi premium, tentunya butuh biaya sewa bulanan atau tahunan untuk tiap akun email yang digunakan.



Hasilnya jika dicek pada email penerima, hasilnya seperti pada gambar berikut:



Bagaimana jika anda lupa password login? 

Kasus yang sering terjadi adalah lupa password login/ masuk. Terus bagaimana solusinya?
Solusi jika anda lupa password login ke email domain pribadi anda adalah, gunakan fasilitas Forgot your password yang ada pada halaman login webmail URL anda.


Setelah anda klik link teks Forgot your password, anda isi email domain dan kode keamanan, dan klik tombol submit.


Informasi reset password akan terkirim ke email alternatif yang anda tuliskan saat proses pembuatan email domain pribadi ini.
We have sent instructions on how to reset your password to your alternate email address

Bagaimana jika email alternatif yang anda masukan juga tidak bisa anda akses? 

Jika kasus yang terjadi seperti ini, anda hanya perlu login di domain panel, dan lakukan reset manual/ membuat password baru melalui domain panel, setelah anda login ke domain panel anda, silahkan anda klik pada menu Manage email, kemudian anda klik Manage Users/ Accounts seperti pada gambar berikut:


Pada halaman manage users anda klik link teks Edit pada akun email domain pribadi yang akan direset passwordnya.


Hasilnya akan muncul tampilan seperti gambar berikut, di halaman ini anda tinggal klik pada link teks Reset Password:


Sehingga akan ditampilkan jendela reset password seperti pada gambar berikut:

Jika untuk proses reset password ini anda mendapatkan kesulitan, terutama kesulitan login ke panel domain, anda bisa hubungi perusahaan penyedia domain dimana anda membeli domain tersebut untuk membantu proses reset password. Demikian, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Follow Me


Iklan

Tutorial Blogger

Arsip Blog