Info Penting

Tugas Blogging 3 Kelas IX Semester 1 Tahun 2018

K egiatan pembelajaran dengan materi Blogging fokus utamanya adalah bagaimana siswa diharapkan bisa menulis dengan baik di blog yang suda...

Artikel Terbaru

Cara Menulis dengan Mulut (Voice to Text) di Komputer

1 Nov 2018 - -

Pada posting terdahulu pernah saya bahas tentang cara menulis dengan mulut atau voice to text menggunakan aplikasi Gboard yang ada di hp android, anda bisa baca di postingan dengan judul artikel "Permudah Guru Menulis Buku, Aplikasi Voice to Text Menjadi Jawabanya", mengetik dengan tangan apalagi mengetik dengan teknik 10 jari memang tidak semua orang bisa melakukanya, jadi kadang menjadi salah satu kendala dalam menyelesaikan penulisan buku dengan cepat denga alasan tidak bisa mengetik cepat.

Tes kemampuan mengetik 10 jari anda disini.

Solusi mengetik dengan cepat tanpa menggunakan tangan, cukup anda berbicara dan biarkan komputer yang akan mengetikannya untuk anda, setelah tulisan cukup panjang, anda selanjutnya tinggal edit secara manual, untuk mengecek penulisanya, besar kecilnya huruf, tanda bacanya, ganti paragraf atau tidak, dst, namun jika anda menghendaki saat menulis sekaligus mengatur dan mengedit tiap paragraf itu juga bisa, tergantung nanti aplikasi yang akan anda gunakan.

Aplikasi Voice to Text Online Gratis

Google Translate

Untuk melakukan voice to text atau menulis dengan mulut, anda bisa menggunakan fitur dikte yang tersedia di google translate, caranya adalah: buka browser google chrome, kunjungi situs: translate.google.com, pilih bahasa yang akan digunakan -  klik ikon microphone di pojok kiri bawah, dan mulailah berbicara, aplikasi google translate akan menuliskannya untuk anda.

Kekurangan pada fitur dikte di google translate ini adalah tidak bisa ganti bahasa dalam satu paragraf, tidak bisa ganti baris dengan suara, tidak bisa menuliskan tanda baca seperti titik, koma, tanda tanya, sehingga teks akan nyambung menjadi satu paragraf. Untuk mengatur paragraf, anda harus mengcopynya terlebih dulu ke program pengolah kata seperti Ms. Word.

SpeechTexter.com

Aplikasi kedua yang saya rekomendasikan adalah aplikasi voice to text yang disediakan gratis oleh situs speechtexter.com, fitur voice to text pada situs ini mendukung google chrome versi terbaru.
Cara penggunaanyapun cukup mudah, anda hanya cukup membuka situs speechtexter.com, kemudian anda klik tombol START DICTATING, maka akan muncul lembar teks editor. Selanjutnya Anda pilih bahasa yang akan digunakan di pojok kanan atas, kemudian anda klik tombol start di pojok kiri atas.


Aplikasi ini mendukung dikte tanda baca, seperti titik dua, ganti paragraf, tanda tanya, juga yang menurut saya keren adalah, aplikasi ini bisa digunakan untuk mendikte beberapa bahasa dalam satu lembar kerja, kemudian tersedia juga kamus yang bisa kita custom sesuai keinginan kita, hal ini bisa kita manfaatkan untuk tanda baca tertentu yang belum tersedia pada posisi defaultnya. Setelah anda selesai mendikte, anda bisa langsung mendapatkan naskah yang siap cetak atau siap dipublikasikan.


Demikian Cara Menulis dengan Mulut (Voice to Text) di Komputer, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Follow Me


Iklan

Tutorial Blogger

Arsip Blog